Usung Cakada di Pilkada Pasaman, Parpol Wajib Penuhi Syarat Ini


Kamis, 27 Agustus 2020 - 17:14:06 WIB
Usung Cakada di Pilkada Pasaman, Parpol Wajib Penuhi Syarat Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - KPU Kabupaten Pasaman menegaskan partai politik pengusung paslon bupati dan wakil bupati di Pilkada nanti, minimal harus memiliki 20 persen kursi di DPRD setempat. Itu syarat bagi parpol atau gabungan parpol jika ingin mendaftarkan jagoannya pada 4-6 September 2020.

"Paling sedikit 20 persen dari 35 jumlah kursi di DPRD Pasaman atau minimal 7 kursi," ungkap Komisioner KPU, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Juli Yusran, Kamis (27/8/2020).

Juli mengatakan, partai politik atau gabungan partai politik yang mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati Pasaman juga dapat mengusung melalui perolehan suara. Syaratnya minimal memiliki 25 persen suara sah pada Pemilu 2019 lalu.

"Jadi parpol yang mengusung paslon bupati dan wakil bupati nanti, harus memiliki paling sedikit 39.067 suara sah baru bisa mengusulkan sebagai calon kepala daerah. Ketentuan ini hanya berlaku bagi parpol atau gabungan parpol yang memperoleh kursi di DPRD," tegasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil Pileg 2019 sebanyak sepuluh partai politik meraih kursi di DPRD Pasaman. Yakni, Gerindra (5 kursi), PKS (5 kursi), Golkar (4 kursi), Demokrat (4 kursi), PKB (4 kursi), PAN (4 kursi), PPP (4 kursi), NasDem (3 kursi), Hanura (1 kursi), PDI Perjuangan (1 kursi).

Juli menambahkan, pendaftaran paslon di KPU setempat pada hari pertama dan kedua dibuka mulai pukul 08.00 Wib sampai pukul 16.00 Wib. Untuk hari ketiga dibuka sampai pukul 24.00 Wib. Untuk itu, Ia berharap parpol atau gabungan parpol tidak mendaftar pada menit-menit terakhir pendaftaran.

"Ditakutkan nanti jika ternyata ada berkas yang kurang maka parpol atau gabungan parpol tidak bisa memenuhi persyaratan karena telah melewati waktu yang telah ditetapkan," ujar Juli mengingatkan.

Lanjut Juli, sebelum masa pendaftaran dimulai parpol harus intens berkoodinasi dengan pihak KPU. Ia juga menyarankan Parpol harus mempedomani Peraturan KPU No. 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2020 (Covid19).

"KPU Kabupaten Pasaman telah membuka helpdesk terkait pencalonan pada jam kerja, dimana partai politik atau gabungan partai politik bisa berkonsultasi mengenai pencalonan kepala daerah pada helpdesk tersebut," ujarnya.

Pilkada Serentak 2020 bakal dihelat di 270 daerah. Terdiri atas 9 pilgub, 224 pilbup, dan 37 pilwalkot. Tahapan pilkada sempat ditunda akibat wabah virus corona. Kini, tahapan sudah dilaksanakan kembali dengan disertai protokol kesehatan. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]