24 Tenaga Medis RSUP M Djamil Padang Terpapar Covid-19


Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:08:12 WIB
24 Tenaga Medis RSUP M Djamil Padang Terpapar Covid-19 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Setelah dilakukan tes swab, sebanyak  24 orang tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, terkonfirmasi positif Covid-19.  Semua tenaga medis yang terpapar corona itu terdiri dari dokter hingga perawat yang bertugas di RS terbesar di Sumbar itu.

"Berawal dari pemeriksaan swab tes yang selalu dilakukan oleh RSUP M Djamil terhadap seluruh tenaga kesehatan dan karyawan. Sehingga, dari pemeriksaan itu ditemukan dua tenaga kesehatan yang positif," ujar Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP M Djamil Padang, Gustavianof, Kamis (27/8/2020).

Selanjutnya, kata dia, pihak RSUP terus meakukan tracing cepat terhadap karyawan dan meningkatkan kapasitas swab tes sebanyak 300 orang perhari. Sehingga, ditemukan kembali 22 orang di lingkungan rumah sakit yang  positif Corona. 

"Untuk 24 tenaga kesehatan itu di antaranya orang tanpa gejala (OTG) dan juga memiliki penyakit penyerta (komorbid) sehingga harus mendapatkan perawatan. 16 OTG menjalani isolasi di BPSDM, sedangkan delapan orang lagi dirawat di RSUP M Djamil karena memiliki penyakit penyerta," ujar Gustavianof.

Hal itu dipertegas Direktur Utama RSUP M Djamil Padang Yusirwan Yusuf, bahwasa tracing sudah dilakukan kepada 600 orang, selama tiga hari ke belakang. Pihaknya susah mengambil langkah-langkah emergency telah dilakukan demi memutus mata rantai penularan.

"Sebagai rumah sakit terbesar di Sumbar, untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat tetap berjalan normal. Bagi masyarakat tak perlu cemas, karena antispasi telah dilakukan demi memutus mata rantai," terangnya lagi. (*)
 

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]