Nagari Lawang dan Tigo Balai Tangani Covid-19 dengan Kearifan Lokal


Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:13:34 WIB
Nagari Lawang dan Tigo Balai Tangani Covid-19 dengan Kearifan Lokal Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengharapkan keunggulan kearifan lokal Lawang dan Tigo Balai dalam penanganan Covid-19 dan penyerahan BLT Dana Desa, dapat diwujudkan pada program Dana Desa lainnya di masa datang.

"Jumlah BLT Dana Desa yang telah disalurkan di Nagari Lawang berjumlah Rp198 juta untuk 110 KK. Sedangkan BLT Dana Desa untuk Nagari Tigo Balai Rp426 juta yang dibagikan kepada 158 KK," kata Syafrizal, belum lama ini.

Sementara itu, Wali Nagari Lawang, Jamal Muchtar Dt Lelo Ameh menjelaskan, kearifan lokal juga diterapkan untuk menangani penyebaran Covid-19 di Pasar Nagari Lawang Tigo Balai. Pasar bersama dijaga anak nagari secara ketat setiap hari pekan, yaitu Selasa dan Jumat.

Semua pedagang dan pengunjung wajib bermasker dan pada titik-titik masuk pasar disediakan tempat cuci tangan.

“Ninik mamak selalu menghimbau anak kemenakan agar sebentar saja di pasar, dan setelah itu berdiam di rumah,” kata Jamal Muchtar.

Jamal Muchtar menyebutkan, kearifan lokal diterapkan dalam pembagian semua jenis bantuan sosial, termasuk BLT Dana Desa di Nagari Lawang dan Tigo Balai, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam. Mulai dari proses pendataan, penyaluran dan pengawasan, dimana selalu melibatkan ninik mamak suku, pucuk adat dan para penghulu secara aktif.

"Kesalahan pendataan bisa diminimalisir, karena sang mamak akan merasa malu jika ada kemenakannya yang mampu ternyata didata sebagai masyarakat miskin," tandasnya. (*/Hms-Sumbar)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]