Situasi Genting, Wapres Desak Sertifikasi Halal Vaksin Covid-19 Dikebut


Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:59:50 WIB
Situasi Genting, Wapres Desak Sertifikasi Halal Vaksin Covid-19 Dikebut KH. Ma'ruf Amin (Foto/Twitter/KH.Maruf Amin). U-Report

HARIANHALUAN.COM – Terkait dengan masyarakat Indonesia yang mayoritasnya beragama Islam. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendesak agar produksi vaksin COVID-19 dan sertifikasi kehalalannya harus dipercepat.

Hal itu diutarakan Ma'ruf saat menerima jajaran direksi PT Bio Farma lewat video conference dari kediaman resmi Wapres di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, dikutip dari Viva.co.id, Kamis 27 Agustus 2020.

"Saya minta seperti yang diminta oleh Presiden supaya lebih cepat (produksinya) karena situasi memang sangat membutuhkan," kata Ma'ruf.

Ma'ruf meminta pihak-pihak yang terkait dengan penerbitan sertifikasi halal vaksin COVID-19 untuk proaktif saling berkoordinasi agar sertifikasi halal dapat keluar sebelum vaksin diedarkan. Seperti LPPOM MUI, Komisi Fatwa MUI, dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

"Saya minta kepada LPPOM dan Komisi Fatwa MUI supaya ikut proaktif dan juga kepada Badan Penyelenggara Produk Halal jangan menunggu bola untuk vaksin ini jangan menunggu. Harus menjemput bola," ujar Ma'ruf.

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini mengingatkan bahwa sertifikasi halal ini sangat penting. Dengan sertifikasi diharapkan tidak terjadi penolakan vaksinasi dari masyarakat karena ragu akan kehalalannya.

"Ini jangan jadi masalah. Jangan terjadi seperti vaksin Measles Rubella (MR) itu yang kemudian targetnya tidak tercapai," kata Ma'ruf. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]