Mengenal Lebih Dekat Politeknik ATI Padang


Kamis, 27 Agustus 2020 - 19:01:58 WIB
Mengenal Lebih Dekat Politeknik ATI Padang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Politeknik ATI Padang merupakan salah satu perguruan tinggi dengan peminat cukup tinggi saat Jalur Penerimaan Vokasi Industri (JARVIS) Mandiri 2020 yang berakhir pada akhir Juli 2020. Di kampus binaan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI juga terjadi persaingan ketat saat seleksi masuk penerimaan mahasiswa baru.

Sejarah Politeknik ATI Padang

Kampus yang berlokasi di Jalan Bungo Pasang Tabing, Bungo Pasang, Kecamatana Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumbar didirikan pada tahun tahun 1974 dengan Surat Keputusan Pimpinan Proyek Perguruan/ Akademi/ Sekolah Industri Sumatera Barat Nomor 55/1.2/1974 tanggal 23 Januari 1974.

Tiga tahun kemudian dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 158/M/SK/V/1977, tepatnya 12 Mei 1977 silam.

Awal berdiri, ATIP menyelenggarakan pedidikan Program Sarjana Muda dengan jurusan Teknologi Industri, Kimia Analisis, dan Manajemen Industri.

Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 227/M/SK/VI/1981, tanggal 6 Juni 1981, ATIP menyelenggarakan pendidikan Program Diploma III.

Selanjutnya dengan surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 18M/SK/1/1995, tanggal 31 Januari 1995, ATIP dikukuhkan Organisasi dan tata kerjanya.

Lokasi kampus Politeknik ATI Padang

Di manakah alamat Politeknik ATI Padang? Alamatnya terletak di Jalan Bungo Pasang Tabing, Bungo Pasang, Kecamatana Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumbar, tepatnya di kawasan Tabing.

Akses transportasi ke kampus Politeknik ATI Padang juga sangat strategis. Pasalnya berada di pusat kota. Untuk menuju kampus tersebut juga bisa dengan angkutan umum, dengan begitu memudahkan dalam transporti. Untuk kamu yang ingin ke kampus Politeknik ATI Padang menggunakan kereta api, maka kamu bisa turun langsung ke stasiun Tabing.

Prodi yang Ada di Politeknik ATI Padang

Kini Politekni ATI Padang memiliki berbagai pilihan program studi (prodi) dengan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai prodi yang ada di Politeknik ATI Padang.

Diantaranya, Manajemen Logistik Industri Agro, Teknik Industri Agro, Teknik Kimia Bahan Nabati, Analisis Kimia.

Ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6898/E1.3/HK/2014 yaitu ATIP pada tanggal 24 Oktober 2014 yang mengalami perubahan nama Menjadi Politeknik ATI Padang.

Buka Prodi Baru

Teranyar, Politeknik Akademi Teknologi (ATI) Padang mengembangkan keilmuan energi terbarukan dengan membuka program studi (prodi) Diploma IV, yaitu Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan.

Program studi baru di Politeknik ATI Padang tersebut ditargetkan menghasilkan tenaga kerja yang kompeten pada bidang industri, khususnya energi terbarukan yang bisa langsung diserap oleh industri.

“Yang terpenting, Kemenperin akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa Angkatan pertama program studi teknologi terbarukan di Politeknik ATI Padang,” tutur Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Eko S.A. Cahyanto saat melaunching prodi Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan.

Energi terbarukan kini amat dibutuhkan sebagai upaya untuk mengatasi semakin menipisnya ketersediaan sumber energi fosil.

Saat ini, energi terbarukan menjadi isu besar yang berpotensi mengubah peta geopolitik energi dunia.Kemajuan teknologi dan penurunan biaya teknologi membuat energi terbarukan tumbuh lebih cepat daripada sumber energi lainnya.

Dengan dibukanya prodi baru di Politeknik ATI Padang, artinya saat inu telah ada 5 pilihan jurusan di kampus tersebut. Yakni, Manajemen Logistik Industri Agro, Teknik Industri Agro, Teknik Kimia Bahan Nabati, Analisis Kimia, dan Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]