Mau Nonton Bioskop? Satgas Covid-19 Rekomendasikan Masker N95, Ini Kelebihannya


Kamis, 27 Agustus 2020 - 20:03:43 WIB
Mau Nonton Bioskop? Satgas Covid-19 Rekomendasikan Masker N95, Ini Kelebihannya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah berencana akan membuka kembali bioskop di masa pandemi Covid-19. Dan nama masker N95 kembali mencuat di masyarakat. Apa pasal? 

Sekadar informasi, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) merekomendasikan penggunaan masker N95 untuk mencegah Covid-19 selama berada di dalam bioskop. Tentunya masker N95 ini memiliki beberapa keunggulan sehingga digunakan sebagai standar protokol kesehatan selama di bioskop.

Melansir dari Honey Well, Kamis (27/8/2020) masker N95 atau biasa disebut dengan respirator memiliki beberapa fitur unggulan melebihi masker bedah maupun masker kain. Sesuai dengan namanya masker ini mampu menyaring 95 persen partikel dengan ukuran sebesar 0,3 mikron.

Selain filtrasinya yang sangat bagus, masker ini juga dilengkapi dengan saluran untuk membuang udara panas yang keluar dari saluran pernapasan saat bernapas. Saluran ini akan membantu pemakan masker n95 lebih mudah untuk bernapas. Masker ini terbuat dari serat polypropilene non woven yang sangat fleksibel.

Nama N pada masker ini memiliki arti Non Oil yang artinya tidak ada partikulat berbasis minyak. Ada juga masker serupa dengan kode depan masker R yang artinya tahan minyak selama delapan jam, atau masker yang benar-benar tahan dengan minyak dengan kode huruf P.

Selama pandemi Covid-19, masker menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan setiap masyarakat di seluruh dunia. 

Kode 95 yang disematkan pada akhir masker memiliki arti 95 persen kemampuan menyaring. Masker dengan kode 99 artinya memiliki kemampuan untuk menyaring partikel dengan ukuran 0,3 mikron sebesar 99 persen. Sementara kode 100 memiliki makna 99,97 persen efisien menyaring partikel dan setara dengan filter kualitas HEPA.

Partikel berukuran 0,3 mikron terdapat pada debu, kabut dan asap. Nantinya partikel dengan ukuran tersebut tidak dapat menembus masuk ke dalam masker ini. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 15:36:32 WIB

    Mau Tetap Bugar saat Lansia? Terapkan Diet 'Plant-Based'

    Mau Tetap Bugar saat Lansia? Terapkan Diet 'Plant-Based' HARIANHALUAN.COM - Masa tua memang harus ekstra menjaga kesehatan. Dengan menerapkan pola hidup sehat memakan plant-based atau berbasis nabati, bisa membuat para lansia terlihat kembali bugar. Hal itu lah yang dilakukan Josep.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 19:06:20 WIB

    Virus Corona Melemah, Ahli: Dulu Harimau Agresif, Sekarang Seperti Kucing Liar

    Virus Corona Melemah, Ahli: Dulu Harimau Agresif, Sekarang Seperti Kucing Liar HARIANHALUAN.COM- Seorang ahli penyakit menular kembali mengungkapkan bahwa virus Corona kini semakin melemah dan kurang mematikan saat menyebar. Ahli penyakit menular di Rumah Sakit Policlinico San Martino di Italia, Profeso.
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 06:35:50 WIB

    Mau Tahu Berapa Kedalaman Miss V? Ini Kata Studi

    Mau Tahu Berapa Kedalaman Miss V? Ini Kata Studi HARIANHALUAN.COM -- Pernahkah kamu berpikir berapa rata-rata kedalaman vagina? Meski terdengar aneh, faktanya vagina bisa memiliki kedalaman tertentu ketika sedang terangsang atau tidak..
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 12:57:30 WIB

    Mau Olahraga Pakai Masker? Baca Info Ini Dulu

    Mau Olahraga Pakai Masker? Baca Info Ini Dulu HARIANHALUAN.COM - Ketika anjuran untuk tetap di rumah dan PSBB dilonggarkan banyak yang mulai beraktivitas di luar. Meski demikian semua orang tetap diimbau untuk mengenakan masker atau penutup wajah saat di luar rumah sebag.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 21:01:30 WIB

    Mau Belanja ke Pasar Tapi Takut Corona? Ini Tips dari Dokter

    Mau Belanja ke Pasar Tapi Takut Corona? Ini Tips dari Dokter JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Maraknya penyebaran virus corona di Indonesia mendorong pemerintah mengimbau masyarakat agar tetap di rumah dan tidak beraktivitas di luar ruangan. Lantas bagaimana jika ingin membeli persediaan ba.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]