Erick Thohir Prediksi Harga Vaksin Covid-19 Rp440.448 Per Orang


Kamis, 27 Agustus 2020 - 21:45:21 WIB
Erick Thohir Prediksi Harga Vaksin Covid-19 Rp440.448 Per Orang Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Awal tahun 20201 ditargetkan akan dilakukan imunisasi massal vaksin Covid-19. Bahkan saat ini pemerintah tengah melakukan penghitungan terkait biaya vaksin per orangnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, tiap satu orang perlu dilakukan dua kali vaksinisasi. Rentang waktunya, berkisar dua minggu.

“Nah perhitungan awal harga vaksin ini untuk satu orang, karena satu orang perlu dua kali suntik dan jeda waktunya dua minggu kurang lebih. Itu harganya 25-30 dollar AS range-nya,” ujar Erick di Komisi VI DPR RI, dikutip dari Kompas.com, Kamis (27/8/2020).

Artinya, jika dirupiahkan, maka satu orang untuk dilakukan dua kali vaksinasi membutuhkan biaya sekitar Rp 440.448. Angka tersebut didapat dengan asumsi kurs Rp 14.681 per dollar AS. 

Erick menambahkan, PT Bio Farma (Persero) telah bekerja sama dengan Sinovac terkait bahan baku vaksin Covid-19. Jika pada akhir 2020 ini vaksin itu bisa diproduksi, maka Bio Farma harus membeli bahan bakunya ke Sinovac seharga 8 dollar AS per dosisnya.

“Memang harga yang sudah dikerjasamakan dengan Sinovac itu untuk 2020 harganya per dosis bahan bakunya 8 dollar AS, tapi di 2021 harganya 6-7 dollar AS, jadi ada penurunan. Ini bahan baku,” kata Erick.

Mantan bos Inter Milan ini mengungkapkan alasannya lebih memilih membeli bahan baku vaksin ketimbang yang sudah jadi. Dia ingin ke depannya Indonesia bisa membuat vaksin Covid-19 secara mandiri.

“Tapi bukan berarti kita ingin beli vaksin mahal, karena kan tentu vaksin ini hanya jangka pendek, yang ke depan itu vaksin merah putih harus dilakukan,” ucap dia. (*)

loading...
 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 27 September 2020 - 07:30:12 WIB

    Mantap Nih! Erick Thohir Sebut Ada Bansos Baru

    Mantap Nih! Erick Thohir Sebut Ada Bansos Baru HARIANHALUAN.COM - Sejumlah program jaring pengaman sosial atau social safety net kemungkinan akan dilanjutkan hingga 2021. Bahkan, akan menambahkan sejumlah program baru bagi masyarakat yang terdampak Covid-19..
  • Kamis, 24 September 2020 - 20:19:51 WIB

    Isolasi Mandiri OTG dan ODP Covid-19, Erick Thohir Kerahkan Hotel BUMN

    Isolasi Mandiri OTG dan ODP Covid-19, Erick Thohir Kerahkan Hotel BUMN HARIANHALUAN.COM - Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN Iswandi Said mengatakan, Kementerian BUMN di bawah Erick Thohir bakal menyiapkan hotel BUMN untuk isolasi mandiri serta bagi orang tanpa gejala (O.
  • Kamis, 24 September 2020 - 12:03:50 WIB

    Mantap! Erick Thohir Sebut RI Sudah Bisa Bikin Obat Corona Sendiri

    Mantap! Erick Thohir Sebut RI Sudah Bisa Bikin Obat Corona Sendiri HARIANHALUAN.COM - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyatakan Indonesia akan memproduksi sendiri obat corona untuk pasien Covid-19, yakni favipiravir atau avigan serta oseltamivir..
  • Rabu, 23 September 2020 - 09:39:43 WIB

    Erick Thohir Bantah Ahok soal Direksi Pertamina Lobi Menteri

    Erick Thohir Bantah Ahok soal Direksi Pertamina Lobi Menteri HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara soal direksi PT Pertamina (Persero) yang disebut hobi melobi menteri oleh Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok..
  • Kamis, 17 September 2020 - 16:17:15 WIB

    Erick Thohir Panggil Ahok, Andre Rosiade: Semoga tak Gaduh lagi

    Erick Thohir Panggil Ahok, Andre Rosiade: Semoga tak Gaduh lagi HARIANHALUAN.COM — Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang langsung bertemu dengan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok Kamis (17/9). Anggota F.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]