Jangan Lupa, Besok Puasa Sunah Tasua


Kamis, 27 Agustus 2020 - 22:17:40 WIB
Jangan Lupa, Besok Puasa Sunah Tasua Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Selama bulan Muharram, banyak amalan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah melaksanakan puasa sunnah Tasua. Puasa tersebut dilakukan di hari ke-sembilan, atau sehari jelang Hari Asyura.

Rasulullah Sahalallahu alaihi wassalam bersabda:

لَئِنْ عِشْتُ إلَى قَابِلٍ لاَصُومَنَّ التَّاسِعَ

Artinya: "Jika saya masih hidup di tahun depan, niscaya akan berpuasa pada hari kesembilan (Muharram)."(HR. Muslim).

Berikut ini adalah niat puasa tasua:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya niat puasa hari tasua, sunah karena Allah ta’ala."

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, puasa tasu’a yang artinya hari ke-sembilan, Rasulullah bertekad untuk menjalankannya. Meskipun beliau tidak sempat menunaikannya, karena ajal menjemput sebelum Muharam tiba.

“Sedangkan para sahabat Nabi menjalankan puasa tasu’a seperti keinginan beliau,” ujarnya.

Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: حِينَ صَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ» قَالَ: فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ، حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan (para sahabat) supaya berpuasa. Para sahabat berkata: “Wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sesungguhnya hari itu adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nasrani," Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Pada tahun depan Insya Allah kita puasa tanggal 9”. Tetapi beliau wafat sebelum datangnya tahun berikutnya,” (HR. Muslim). (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 18:01:44 WIB

    Kisah Haru Indriana Sartika,  Selamat Setelah Puluhan Menit Bertahan dari Terjangan  Tsunami

    Kisah Haru Indriana Sartika,  Selamat Setelah Puluhan Menit Bertahan dari Terjangan  Tsunami HARIANHALUAN.COM-Indriana Sartika Yotokodi terus memanjatkan rasa syukurnya karena masih diberi keselamatan oleh Allah SWT. Bayang-bayang bencana tsunami dan gempa masih tergambar jelas dalam memorinya, bahkan kerap muncul da.
  • Selasa, 02 Oktober 2018 - 10:04:18 WIB

    Begini Kisah Lailla, Perantau Minang di Palu yang Selamat dari Terjangan Tsunami

    Begini Kisah Lailla, Perantau Minang di Palu yang Selamat dari Terjangan Tsunami Keajaiban  itu nyata dialami  Lilla Anggaraini (35), perempuan asal Situjuah Godang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota  yang sudah lama merantau di  Palu, Sulawesi Tengah, kota yang kini  luluhlant.
  • Jumat, 16 Desember 2016 - 01:23:02 WIB

    Jangan Selalu Dikaitkan Dengan Gempa

    Beberapa waktu lalu, terjadi fenomena alam berupa beru bahnya air danau Singkarak menja di hitam. Lalu, ikan bilih yang merupakan ikan khas danau Singkarak ditemukan mengapung di sekitaran danau..
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:24:07 WIB

    Kampanyelah di Medsos Tapi Jangan Menghina

    Mengkampanyekan pasangan calon kepala daerah yang kita dukung di media sosial (Medsos), tak ada larangan. Kecuali menghina pa­sangan calon yang tidak kita dukung, itu bisa dikenakan pasal fitnah. .
  • Rabu, 30 November 2016 - 00:58:22 WIB

    Jangan Anggap Remeh Harga Cabai

    Jangan Anggap Remeh Harga Cabai SUDAH menjadi rahasia umum bahwa antara jumlah persediaan dan jumlah permintaan terdapat kaitan erat dengan harga jual. Bila jumlah persediaan dan jumlah permintaan sepadan maka harga jual pun normal. Bila jumlah persediaan l.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]