Ngeri, 19 Kerbau Hilang Akibat Semburan Lumpur di Blora Jateng


Jumat, 28 Agustus 2020 - 08:24:31 WIB
Ngeri, 19 Kerbau Hilang Akibat Semburan Lumpur di Blora Jateng Semburan lumpur campur gas beracun di Blora. (Bidik layar video)

HARIANHALUAN.COM - Video semburan lumpur yang disebut bercampur gas beracun di Kabupaten Blora, Jawa Tengah viral di media sosial. Semburan lumpur itu keluar pada Kamis (27/8/2020) pagi.

Dari informasi, semburan lumpur di Blora itu muncul di kawasan Oro-oro Kesongo, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora.

Dalam video yang beredar, sejumlah warga ketakutan dan lari pontang panting setelah semburan lumpur berwarna hitam kelam itu tiba-tiba bergumul makin membesar.

Warga dengan latar belakang suara perempuan yang merekam kejadian itu tampak teriak ketakutan.

"Ya Allah cepetan lari, cepetan, astaghfirullah," teriak seorang perempuan dalam video tersebut.

Dilansir dari Suara.com, akibat semburan lumpur dan gas belerang itu, 19 ekor kerbau milik warga dilaporkan menghilang. Belasan kerbau itu diduga amblas ke dalam lumpur.

Selain kerbau, empat warga juga menjadi korban. Empat warga yakni Marno, Sukimin, Kadis, dan Warino harus dilarikan ke rumah sakit terdekat karena pingsan menghisap gas beracun dari letusan Oro-Oro Kesongo.

Salah seorang staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora, Agung, mengatakan letusan gas dan lumpur di Oro-Oro Kesongo itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB.

“Menurut keterangan saksi, saat itu warga tengah menggembalakan kerbau di lokasi. Tiba-tiba tanah bergetar dan mengeluarkan lumpu. Warga langsung berlari menyelamatkan diri, tanpa menghiraukan ternaknya,” ujar Agung.

Agung mengatakan, warga yang berlari menyelamatkan diri dari letusan lumpur, tak bisa menghindar dari asap belerang. Mereka pun menghirup asap tersebut dan pingsan.

Warga yang pingsan langsung dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit terdekat. Alhamdulillah saat ini mereka sudah siuman dan dinyatakan sembuh,” imbuh Agung.

Agung mengatakan kawasan Oro-Oro Kesongo memang kerap mengeluarkan lumpur dan gas karena mengandung belerang di dalamnya.

Meski demikian, hal itu tak membuat warga sekitar khawatir untuk beraktivitas di lokasi itu.

Bahkan, kawasan itu kerap dijadikan tempat ritual untuk meminta pesugihan karena cerita mistis yang menyelimuti.

“Biasanya banyak warga yang datang ke lokasi buat cari pesugihan. Lokasinya mirip kayak Bledug Kuwu di Grobogan,” ujar Agung. (*)

loading...
 Sumber : Suara.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 September 2020 - 15:59:57 WIB

    Ngeri, Hari Ini Positif Corona Bertambah 4.176 Kasus

    Ngeri, Hari Ini Positif Corona Bertambah 4.176 Kasus HARIANHALUAN.COM-  Kasus positif virus Corona di Indonesia hingga Senin (21/9/2020) siang ini bertambah sebanyak 4.176 sehingga total menjadi 248.852. Penambahan tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang berjumlah 4.168 kasu.
  • Senin, 21 September 2020 - 08:36:39 WIB

    Ngeri, Pasangan Pemutilasi Tidur Bareng Jenazah Rinaldi

    Ngeri, Pasangan Pemutilasi Tidur Bareng Jenazah Rinaldi HARIANHALUAN.COM - Cerita mengerikan terungkap dalam fakta terbaru kasus mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan. Dari hasil rekonstruksi kepolisian terungkap bahwa dua tersangka itu sempat tidur bersama potongan.
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 12:16:20 WIB

    Ngeri, Kasus Penyiraman dengan Air Keras juga Terjadi di Riau

    Ngeri, Kasus Penyiraman dengan Air Keras juga Terjadi di Riau HARIANHALUAN.COM- Kasus penyiraman air keras juga terjadi terhadap warga di Inhil Riau. Akibatnya,  korban mengalami luka bakar pada bagian wajah dan dada sebelah kanan..
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 13:05:24 WIB

    Ngeri, Empat Orang Tewas Saat Ledakan Hebat di Deli Serdang

    Ngeri, Empat Orang Tewas Saat Ledakan Hebat di Deli Serdang HARIANHALUAN.COM - Warga di Jalan Teuku Amir Hamzah Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dikejutkan dengan ledakan hebat terjadi di sebuah bengkel pada Kamis pagi, 27 Agustus 2020. Ledakan terjadi .
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 13:25:58 WIB

    Ngeri, Pengusaha Mebel di Papua Ini Tewas Dipanah Saat Kendarai Motor

    Ngeri, Pengusaha Mebel di Papua Ini Tewas Dipanah Saat Kendarai Motor HARIANHALUAN.COM - Pengusaha mebel berinisial MT di Dekai Kabupaten Yahukimo Tewas mengenaskan akibat dipanah Orang Tak di Kenal (OTK) Kamis (20/8/2020) kemarin siang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]