Unik, Ada Gugusan Batu Karang di Goa Janjian Talago Gunung Sawahlunto


Jumat, 28 Agustus 2020 - 09:43:20 WIB
Unik, Ada Gugusan Batu Karang di Goa Janjian Talago Gunung Sawahlunto Dua Dosen dan Enam Mahasiswa UNP melakukan penelitian gugusan batu karang didalam Goa Janjian Desa Talago Gunung Kota Sawahlunto. Ist

HARIANHALUAN.COM - Keunikan gugusan batu karang yang ditemukan warga di dalam Goa Janjian di Dusun Ketaping Desa Talago Gunung Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto mulai dipetakan oleh Pemerintah Desa setempat untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata. 

Meski secara geografis dan jarak udara Dusun Ketapin dengan bibir pantai Kota Padang berkisar hingga 50 an kilometer dimana batu karang yang identik berada di laut, namun juga ditemukan di daratan Kota Sawahlunto.

Menurut Kepala Desa Talago Gunung, Alfi Saputra, beberapa waktu lalu majasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) telah melakukan penelitian untik memastikan asal miasal serta proses terbentuknya batu karang itu.

"Mereka yang terdiri dari dua dosen dan enam orang mahasiswa itu melakukan kajian geologi dan pemetaan morfometri Goa Janjian. Penelitian pada 21 - 22 Agustus 2020 itu ketuai oleh Harizona Aulia Rahman dan didampingi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sajonang," ujarnya.

Bagi warga lokal dan Sawahlunto sebutnya, gua ini sudah lama diketahui, namun belum tersentuh yang namanya pengembangan. Bahkan Goa Janjian juga menjadi salah satu lirik dalam Mars Sawahlunto Kota Idaman kala itu.

"Bahkan Gua Janjian sudah mampu menarik animo kunjungan wisata, baru - baru ini wisatawan berkebangsaan Spanyol, Oscar bersama  rombongan Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Padang mencoba menjelajahi Goa ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Labor Geologi Jurusan Teknik Pertambangan UNP, Ansosri, ST. MT menjelaskan bahwa batu karang di Sawahlunto merupakan peristiwa alam teknonik.

"Awalnya terbentuk di laut lalu mengalami pengangkatan. Peristiwa ini dinamakan "Graben" yaitu hasil dari patahan pada kulit bumi yang mengalami depresi dan terletak di antara dua bagian yang lebih tinggi. Kalau di Sawahlunto, ada bagian kiri yang terangkat dan di bagian kanan turun. Secara geologinya, formasi "Graben" tersingkap dari Sawahlunto sampai ke Silokek, Kabupaten Sijunjung. Namun batuan di Silokek lebih tua dibanding batuan Sawahlunto," tuturnya.

Dia juga berharap dengan penelitian ini, tim dapat memetakan potensi wisata di Goa Janjian tersebut sehingga dapat meningkat perekonomian masyarakat setempat. (*)

 

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]