Deteksi Covid-19, Legislator Ini Desak Daerah di Sumbar Miliki Alat Tes Swab


Jumat, 28 Agustus 2020 - 10:14:40 WIB
Deteksi Covid-19, Legislator Ini Desak Daerah di Sumbar Miliki Alat Tes Swab Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Anggota legislatif DPRD Sumatera Barat, Khairuddin Simanjuntak menyarankan pihak Pemprov dan Pemkab/Kota diseluruh Sumatera Barat membeli alat tes swab guna mendeteksi penyakit yang timbul akibat virus Corona (Covid-19).

"Kita mendesak Pemprov dan setiap Pemda di Sumbar harus menganganggarkan pembelian alat test swab. Ini upaya kita mencegah penyebaran Covid-19 yang kian melonjak setiap hari," ucap Aleg dari Fraksi Gerindra ini, Jumat (28/8/2020).

Alat tes swab ini mesti ada ditiap kabupaten/kota, untuk mendeteksi penyakit yang timbul akibat virus Corona secara cepat. Pengadaan alat tersebut sekaligus sebagai tindakan penting yang harus segera dilakukan untuk pencegahan dan penularan massal virus itu.

"Alat tes ini bisa membantu pemerintah daerah untuk mengidentifikasi apakah seseorang terinfeksi virus corona atau tidak hanya dalam waktu singkat. Untuk harganya sih lumayan, kurang lebih Rp1 miliar," ujar anggota Komisi 5 DPRD Sumbar ini. 

Selain itu, kata dia, masyarakat tidak harus menunggu waktu lama karena sampel dikirim terlebih dahulu ke labor Fakultas Kedokteran Unand di Padang yang membutuhkan waktu empat hari lamanya. 

"Supaya pengadaannya cepat, pembelian melalui e-Katalog saja, ndak perlu lelang alias tender segala. Ini urgent, sebab angka warga terinfeksi Covid-19 di Sumbar, bukannya menurun, tapi malah semakin meningkat," tukas Juntak. 

Juntak khawatir, laboratorium FK Unand sebagai satu-satunya laboratorium rujukan pemeriksaan sampel Covid-19 di Sumatera Barat kewalahan dalam melakukan uji sampel hasil tes swab tersebut. 

"Kita takut kalau menumpuk di Labor Unand se sumatera Barat, akan terjadi human erorr dalam pelaksanaannya. Yang merugi tentu masyarakat kita juga nantinya," imbuhnya. 

Ia berharap setiap rumah sakit di daerah secepatnya memiliki alat tersebut, demi kenyamanan dan keamanan tenaga medis dalam melayani pasien yang datang berobat. 

"Nanti tinggal disiapkan tenaga ahli untuk hal ini, disiapkan dana pelatihan untuk para medisnya," pungkas Juntak. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]