Bisa Picu Masalah Besar, NASA Temukan Medan Magnet Bumi Penyok


Jumat, 28 Agustus 2020 - 12:25:50 WIB
Bisa Picu Masalah Besar, NASA Temukan Medan Magnet Bumi Penyok Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Badan Antariksa AS (NASA) menyebutkan medan magnet bumi penyok. Bentuk penyok kecil namun terus berkembang di medan magnet bumi dapat menyebabkan masalah besar bagi satelit.

Medan magnet bumi bertindak seperti perisai pelindung di sekitar planet, mengusir dan menjebak partikel bermuatan dari Matahari. Medan magnet yang penyok ini dideteksi di Amerika Selatan dan Samudra Atlantik bagian selatan. Medan magnet bumi penyok yang disebabkan South Atlantic Anomaly (SAA) atau anomali Atlantik Selatan ini memungkinkan partikel-partikel bermuatan matahari menukik lebih dekat ke permukaan daripada biasanya.

Radiasi partikel di wilayah ini dapat melumpuhkan komputer onboard dan mengganggu pengumpulan data satelit yang melewatinya. Karena itulah membuat ilmuwan NASA ingin melacak dan mempelajari anomali tersebut.

Dilansir di situs NASA, Kamis (27/8) disebutkan, Anomali Atlantik Selatan juga menarik minat para ilmuwan Bumi NASA yang memantau perubahan kekuatan medan magnet di sana. Ilmuwan ingin mengetahui bagaimana perubahan tersebut memengaruhi atmosfer Bumi dan sebagai indikator dari apa yang terjadi pada medan magnet Bumi, jauh di dalam bumi.

Saat ini, SAA tidak menimbulkan dampak yang terlihat pada kehidupan sehari-hari di permukaan. Namun, pengamatan dan prakiraan baru-baru ini menunjukkan bahwa wilayah tersebut meluas ke barat dan terus melemah dalam intensitas.

Data terbaru menunjukkan lembah anomali, atau wilayah dengan kekuatan medan minimum, telah terbelah menjadi dua lobus. Ini menyebabkan tantangan tambahan untuk misi satelit.

Sejumlah ilmuwan NASA dalam kelompok penelitian geomagnetik, geofisika, dan heliofisika mengamati dan memodelkan SAA, untuk memantau dan memprediksi perubahan di masa depan. Penelitian ini dapat membantu mempersiapkan tantangan masa depan terhadap satelit dan manusia di luar angkasa.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 September 2020 - 11:42:30 WIB

    Catat! Ini Lima Fenomena Langit yang Bisa Diamati pada September 2020

    Catat! Ini Lima Fenomena Langit yang Bisa Diamati pada September 2020 HARIANHALUAN.COM - Tiap bulannya akan selalu ada fenomena langit yang terjadi, entah itu bisa dilihat jelas ataupun tidak. Nah, pada September 2020 akan banyak fenomena langit menarik yang terjadi..
  • Kamis, 03 September 2020 - 11:19:56 WIB

    Corona Ternyata Bisa Buat Padam Listrik di Bumi, Begini Penjelasan Ahli

    Corona Ternyata Bisa Buat Padam Listrik di Bumi, Begini Penjelasan Ahli HARIANHALUAN.COM - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan adanya potensi Badai Matahari akibat coronal mass ejection (CME) atau lontaran massa corona di Antariksa yang bisa mengakibatkan mati listrik bu.
  • Kamis, 03 September 2020 - 09:03:51 WIB

    Studi: Nangis Bisa Bikin Kurus

    Studi: Nangis Bisa Bikin Kurus HARIANHALUAN.COM - Menangis merupakan respons alami untuk meluapkan emosi, dari rasa sakit hingga stres dan dari kesedihan hingga kebahagiaan. Banyak orang menahan tangis karena dianggap lemah dan cengeng. Padahal, baik pria .
  • Rabu, 02 September 2020 - 23:32:21 WIB

    Dinamika Cuaca Antariksa Bisa Berdampak pada Kehidupan Manusia dan Bumi?

    Dinamika Cuaca Antariksa Bisa Berdampak pada Kehidupan Manusia dan Bumi? HARIANHALUAN.COM - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) terus memantau dinamikan cuaca antariksa, karena mewaspadai adanya kemungkinan berdampak pada Bumi dan peradaban manusia. Karena dinamika cuaca antariksa y.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 11:54:02 WIB

    Senyum Palsu Ternyata Bisa Tingkatkan Emosi Positif dalam Diri

    Senyum Palsu Ternyata Bisa Tingkatkan Emosi Positif dalam Diri HARIANHALUAN.COM - Semua orang mungkin pernah membuat senyuman palsu. Misalnya saja saat merasa sedih, kemudian memaksakan diri untuk tersenyum. Namun siapa sangka, senyuman palsu ini memang dapat meningkatkan suasana hati da.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]