Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Mundur dari Jabatan


Jumat, 28 Agustus 2020 - 12:54:44 WIB
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Mundur dari Jabatan Shinzo Abe

HARIANHALUAN.COM - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe disebut bakal mundur. Ia, ditulis AFP yang mengutip media lokal, mundur karena masalah kesehatan.

"Dia ingin menghindari masalah pada pemerintahan karena memburuknya kondisi kesehatannya," ujar laporan berita NHK, Jumat (28/8/2020).

Seharusnya Abe menjabat hingga 2021. Ia merupakan pengunduran diri kedua, setelah sebelumnya ia melakukan hal yang sama karena alasan kesehatan memburuk di 2006.

Sebelumnya, PM berumur 65 tahun itu membuat berita sejak 24 Agustus lalu. Ia dikabarkan mengunjungi rumah sakit berjam-jam.

Ia datang ke salah satu rumah sakit di Tokyo, tempat dirinya pernah dirawat karena kolitis ulserativa, penyakit radang saluran pencernaan.

Abe berada di sana selama lebih dari tujuh jam dan keluar dari RS tanpa mengatakan apapun ke media yang menunggu di luar.

Media lokal Jepang mengabarkan ia sempat muntah darah. Namun hal tersebut dibantah Juru Bicara Pemerintah Yoshihide Suga saat itu.

Kecurigaan media Jepang juga terjadi kala Abe memutuskan untuk tidak melakukan konferensi pers meskipun ada peningkatan kritik atas penanganan corona di negara itu.

Sejumlah pengamat juga menganalisis gerakan Abe dalam video yang diputar di media massa, seraya menilai ia bergerak lebih lambat dari sebelumnya.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]