Jokowi Perintahkan Duit Negara Dipakai untuk Borong Produk UMKM


Jumat, 28 Agustus 2020 - 15:31:41 WIB
Jokowi Perintahkan Duit Negara Dipakai untuk Borong Produk UMKM Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Krisis pandemi Covid-19 bukan hanya menghantam korporasi atau perusahaan-perusahaan besar, tapi juga kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM). Berbagai stimulus sudah disiapkan pemerintah untuk menolong para pelaku UMKM.

Dalam anggaran pelaksanaan penanganan Covid-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah telah menganggarkan Rp 123,46 triliun sebagai stimulus untuk UMKM.

Sayangnya, realisasi anggaran PEN untuk UMKM baru mencapai Rp 44,63 triliun atau baru terserap 37,2% dari pagu anggaran Rp 123,46 triliun.

Rendahnya realisasi anggaran UMKM pada program PEN, membuat Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mendorong agar belanja Kementerian/Lembaga (K/L) untuk bisa menganggarkan Rp 321 triliun untuk bisa membeli barang-barang UMKM.

"Pasar yang paling besar adalah kas belanja pemerintah dan BUMN. Tahun ini ada Rp 321 triliun belanja K/L dan Presiden sudah perintahkan agar K/L belanja produk UMKM," ujar Teten dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia, Jumat (28/8/2020).

Teten mengatakan, untuk mempermudah pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk menyerap produk UMKM, maka Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) untuk membuat laman khusus produk UMKM.

Kementerian Koperasi dan UKM juga telah memberikan pelatihan kepada UMKM terkait pengadaan barang dan jasa K/L dan pemerintah daerah.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir juga sempat mengatakan, pelaku UMKM bisa ikut tender dalam proyek BUMN senilai Rp 200 juta hingga Rp 14 miliar. Demi memprioritaskan UMKM, bahkan kata Erick pihaknya telah melarang perusahaan pelat merah untuk mengikuti tender tersebut.

Program itu kemudian dikemas melalui platform Pasar Digital (PaDi), di mana untuk tahap awal baru 9 BUMN yang berpartisipasi dalam PaDi. Namun ke depannya, pemerintah mendorong semua BUMN untuk ikut serta.

"Kami sekarang kerja sama dengan para UMKM untuk segera on boarding [daftar] di LKPP dan Pasar Digital BUMN," kata Erick.(*)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 September 2020 - 22:34:13 WIB

    Jokowi akan Pidato di Sidang Umum PBB

    Jokowi akan Pidato di Sidang Umum PBB HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan berpartisipasi dalam Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-75 untuk menyampaikan sikap RI soal pandemi Corona. Retno menyebut Presiden Joko Wid.
  • Rabu, 16 September 2020 - 13:27:28 WIB

    Kenapa Jokowi Percaya kepada Luhut? Istana Beberkan Alasannya

    Kenapa Jokowi Percaya kepada Luhut? Istana Beberkan Alasannya HARIANHALUAN.COM - Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menyatakan, penunjukkan Luhut Binsar Pandjaitan untuk menekan kasus Covid-19 selama dua pekan merupakan kepercayaan Presiden Joko Widodo .
  • Selasa, 15 September 2020 - 12:04:36 WIB

    Presiden Jokowi: Pemakaian Masker sebagai Wujud Disiplin Nasional

    Presiden Jokowi:  Pemakaian Masker  sebagai Wujud Disiplin Nasional HARIANHALUAN.COM-Presiden RI Joko Widodo menegaskan,  pemakaian masker sebagai wujud disiplin nasional.terus mengimbau kepada 267 juta rakyat Indonesia agar selalu memakai masker..
  • Selasa, 15 September 2020 - 11:44:02 WIB

    Jokowi Mau Pembatasan Sosial Super Mikro, Apalagi Tuh?

    Jokowi Mau Pembatasan Sosial Super Mikro, Apalagi Tuh? HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan analisa dan penanganan pandemi Covid-19 dilakukan secara mikro bahkan super mikro..
  • Selasa, 15 September 2020 - 08:11:19 WIB

    Sisa 2 Minggu, Bisakah Jokowi Selamatkan Ekonomi dari Resesi?

    Sisa 2 Minggu, Bisakah Jokowi Selamatkan Ekonomi dari Resesi? HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah masih berjuang menyelamatkan ekonomi RI dari jurang resesi selama masih ada waktu. Sementara kuartal III-2020 yang menjadi penentu nasib ekonomi Indonesia.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]