Kolitis Ulseratif, Biang Kerok PM Jepang Shinzo Abe Mundur dari Jabatan


Jumat, 28 Agustus 2020 - 16:09:15 WIB
Kolitis Ulseratif, Biang Kerok PM Jepang Shinzo Abe Mundur dari Jabatan Shinzo Abe

HARIANHALUAN.COM - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dikabarkan akan segera mengundurkan diri karena kondisi kesehatan yang memburuk. Abe menderita penyakit kolitis ulseratif (ulcerative colitis) atau radang usus kronis.

Kolitis ulseratif adalah penyakit kronis pada usus besar. Penyakit ini membuat lapisan usus besar meradang dan menimbulkan luka terbuka yang dapat juga berupa bisul.

Bisul di lapisan usus besar itu menghasilkan nanah dan lendir yang menyebabkan sakit perut. Kondisi ini memaksa usus besar mengosongkan isinya.

Penyebab radang usus
Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab radang usus. Sejumlah temuan menunjukkan beberapa faktor terkait dengan radang usus, diantaranya respon imun yang abnormal, genetika, mikrobioma, dan faktor lingkungan.

Penelitian juga menunjukkan, radang usus dapat dipicu oleh interaksi virus atau infeksi bakteri di usus besar dan respons kekebalan tubuh. Pada orang yang mengalami radang usus, sistem imun terus mengirimkan sel darah putih ke lapisan usus sehingga menyebabkan peradangan kronis dan bisul.

Orang yang berisiko
Laporan dari Crohn's & Colitis Foundation, radang usus dapat terjadi pada semua usia. Kebanyakan orang didiagnosis pada usia pertengahan 30-an. Pria yang lebih tua lebih mungkin terkena radang usus dibandingkan perempuan.

Gejala radang usus
Gejala radang usus dapat bervariasi pada setiap orang. Studi menunjukkan, setengah dari pasien kolitis ulseratif mengalami gejala ringan. Gejala ini dapat timbul sewaktu-waktu.

Berikut gejala radang usus yang umum dijumpai.

1. Rasa mulas yang tak tertahankan

2. Tinja berdarah

3. Kram dan nyeri perut

4. Diare terus-menerus disertai sakit perut dan darah pada tinja

Gejala lain yang tidak berhubungan dengan pencernaan

1. Kehilangan selera makan

2. Penurunan berat badan

3. Mual

4. Demam

5. Kelelahan

6. Anemia

7. Pertumbuhan terlambat pada anak-anak.

Pengobatan radang usus
Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan kolitis ulseratif. Dokter biasanya memberikan obat untuk mengurangi gejala dan rasa sakit saat gejala timbul. Demikian cnnindonesia.com.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]