Sumur Bor dengan Percikan Api di Pessel, Dinas ESDM Sumbar: Tidak Berbahaya


Jumat, 28 Agustus 2020 - 19:13:58 WIB
Sumur Bor dengan Percikan Api di Pessel, Dinas ESDM Sumbar: Tidak Berbahaya Sumur bor mengeluarkan percikan api di Pessel. (ist)

HARIANHALUAN.COM - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar memastikan sumur bor yang mengeluarkan api tidak mengandung gas yang berbahaya bagi masyarakat. Fenomena itu terjadi dikawasan Nagari Sungai Tunu, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

Video itu sempat viral di media sosial facebook yang diunggah oleh akun salah seorang anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Pesisir Selatan Novermal Yuska. Terhadap kejadian itu, pihak ESDM Sumbar telah melakukan penelitian untuk memastikan bahwa kandungan gas yang terdapat pada sumur bor tidak berbahaya.

"Hasil penelitian tim kita di lapangan bahwa kejadian sumur bor mengeluarkan api tidak mengandung gas berbahaya. Bahkan, fenomena tersebut merupakan hal yang biasa dan sering terjadi," sebut Kepala Dinas ESDM Sumbar, Hery Martinus, Jumat (28/8/2020).

Walau tidak mengandung gas yang berbahaya, kata dia, disarankan agar sumur bor tersebut ditutup supaya tidak membahayakan masyarakat setempat kedepannya. Namun dipastikan, gas tersebut tidak berbahaya. "Fenomena itu bisa terjadi karena adanya gas serta proses pelapukan di permukaan tanah. Namun gas yang dimunculkan tidak mengandung racun dan tidak berpotensi percikan api yang besar," terangnya lagi.

Sementara diketahui, dalam video itu terlihat para pekerja berada di lokasi sumur bor. Salah seorang dari mereka memperlihatkan api yang dikeluarkan dari sumur dengan menaruh daun di atas permukaan sumur tersebut. Kemudian video yang diposting oleh anggota dewan setempat itu ditulis dengan caption "Pengeboran sumur air bersih di Kampung Ampalu, nagari Sungai Tunu, kecamatan Ranah Pesisir bikin heboh masyarakat setempat. Selain air, lubang sumur tersebut juga mengeluarkan gas , dan memicu percikan api". (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]