Mantap! Batik akan Masuk dalam Kurikulum Pendidikan Diplomat


Jumat, 28 Agustus 2020 - 19:44:07 WIB
Mantap! Batik akan Masuk dalam Kurikulum Pendidikan Diplomat Wamenlu, Mahendra Siregar.

HARIANHALUAN.COM - Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyatakan bahwa kementeriannya akan memasukkan edukasi mengenai batik ke dalam kurikulum pendidikan diplomat, dalam rangka memperkuat dan mempertajam diplomasi batik Indonesia di luar negeri. 

"Untuk bagian edukasi, khusus subjek batik akan masuk ke dalam modul ataupun kurikulum pendidikan berjenjang diplomat," kata Mahendra dalam seminar virtual Batik: Warisan Budaya dan Aset Ekonomi Kreatif Indonesia yang digelar Kemlu RI, Jumat.

"Itu sudah menjadi komitmen dan sekarang sedang disusun oleh tim di pusdiklat (pusat pendidikan dan pelatihan, red) bersama dengan para pakar," ujar Mahendra, menambahkan.

Kementerian Luar Negeri RI sejak lama telah memperkenalkan batik kepada negara-negara di dunia. Pada 2008, promosi semakin digencarkan untuk menggalang dukungan atas pencalonan batik ke organisasi kebudayaan di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa, UNESCO. Hingga pada 2 Oktober 2009, UNESCO secara resmi menyatakan batik sebagai warisan budaya takbenda. 

Tanggal 2 Oktober kemudian dijadikan sebagai  peringatan Hari Batik Nasional. Saat ini, menjelang peringatan ke-111 tahun Hari Batik Nasional, Kemlu menyiapkan sejumlah rencana peningkatan promosi batik, karena disebutnya bahwa "batik menjadi bagian integral dari diplomasi Indonesia."

"Kami ingin memperkuat, mempertajam suatu program promosi atau marketing yang terpadu, karena selama ini walaupun sudah banyak program promosi namun sifatnya terkadang masih insidental," kata Mahendra.

Selain edukasi dan promosi, lanjut Mahendra, Kemlu juga akan "secara langsung ikut berkontribusi merespons kebutuhan yang dihadapi oleh produsen, perajin, pembatik Indonesia saat ini di tengah pandemi." (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 September 2020 - 15:23:10 WIB

    Mantap! Sudah Ada 2,8 Juta Data Calon Penerima Subsidi Upah Tahap IV

    Mantap! Sudah Ada 2,8 Juta Data Calon Penerima Subsidi Upah Tahap IV HARIANHALUAN.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerima 2,8 juta data calon penerima subsidi upah tahap IV dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dan melakukan pemeriksaan ulang data tersebut..
  • Jumat, 11 September 2020 - 23:24:53 WIB

    Mantap! Obat Tradisional Suku Dayak Ini Masuk Riset Obat Covid-19

    Mantap! Obat Tradisional Suku Dayak Ini Masuk Riset Obat Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Dua jenis tanaman dan satu jenis madu hutan yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional masyarakat Suku Dayak diklaim bisa membantu pengobatan Covid-19. Pengembangan potensi ketiganya diteliti ada yan.
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 19:35:45 WIB

    Mantap! Puluhan Ton Alkes dari Australia Mendarat di Indonesia

    Mantap! Puluhan Ton Alkes dari Australia Mendarat di Indonesia HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima bantuan alat kesehatan dari pemerintah Australia, pada Sabtu (29/8/2020). Secara simbolis bantuan alat kesehatan tersebut diserahkan oleh Duta Besar Australia un.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 21:53:13 WIB

    Mantap! Sumbar jadi 1 dari 10 Provinsi yang Jadi Lumbung Beras di RI

    Mantap! Sumbar jadi 1 dari 10 Provinsi yang Jadi Lumbung Beras di RI HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat ada ada beberapa provinsi mampu menghasilkan padi atau beras cukup besar. Kapasitasnya bisa untuk memasok kebutuhan beras ke provinsi lain yang tak menghasilkan ata.
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 18:55:46 WIB

    Mantap! Neraca 11 Komoditas Pangan dalam Kendali Pemerintah

    Mantap! Neraca 11 Komoditas Pangan dalam Kendali Pemerintah NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa neraca pangan sampai dengan Juni dari 11 komoditi yang disampaikan dalam kondisi yang aman dan dalam kendali Pemerintah yang cuk.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]