Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19, Puskesmas Palembayan Ditutup Sementara


Jumat, 28 Agustus 2020 - 23:57:14 WIB
Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19, Puskesmas Palembayan Ditutup Sementara ilustrasi Corona

HARIANHALUAN.COM - Pelayanan di Puskesmas Palembayan Kabupaten Agam, untuk sementara ditutup setelah ditemukannya seorang warga yang berobat positif Covid-19. Camat Palembayan, Ridwan menyebutkan jika pasien itu adalah tamu pesta pernikahan di Nagari Ampek Koto Palembayan, Minggu (23/8/2020) lalu.

Perempuan berinisial ALA itu berasal dari Jorong Lakuak, Nagari Tanjung Bingkuang, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, yang sempat menginap di tempat pesta sejak 20 sampai 27 Agustus 2020. “Pasien sampai di Palembayan, pada Kamis dan Selasa malam Ia merasa kurang enak badan, lalu dibawa ke puskesmas untuk berobat dan langsung diswab,” terangnya.

Esoknya, Rabu (26/8/2029) sampel swab diantar ke Laboratorium Rumah Sakit Unand dan Kamis (27/8/2020) ALA pulang ke Kabupaten Solok. Jumat siang tadi hasil swab keluar dan dinyatakan positif Covid-19. Karena kontak dengan pasien, tenaga medis di Puskesmas Palembayan diswab, sehingga pelayanan di puksesmas untuk sementara ditutup hingga hasil swab keluar. 

“Sesuai tracing yang dilakukan, sore ini kita akan melakukan swab test massal terhadap “sipangka alek” atau tuan rumah pesta dan warga sekitarnya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” sebut camat.

Swab test, kata dia, akan dituntaskan hari ini, supaya besok bisa langsung diantar ke Laboratorium RS Unand Padang, untuk diperiksa. “Kita sudah koordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, karena salah seorang warga daerah itu ditemukan positif Covid-19, supaya dengan cepat dilakukan penanganan,” imbuh Ridwan.

Sementara itu, ia juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Palupuah, karena mempelai pria berasal dari kecamatan tersebut, bahkan juga staf di kantor camat. “Kita berharap pihak kecamatan melakukan swab test terhadp mempelai pria, untuk memutus mata rantai Covid-19,” ulasnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 September 2020 - 13:12:31 WIB

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok mengimbau seluruh masyarakat Mentawai untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam memutus rantai penyebaran virus corona, khususnya terhadap peserta politik, pengusun.
  • Rabu, 09 September 2020 - 18:05:26 WIB

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong HARIANHALUAM.COM - Guna menjaga lingkungan tetap asri, pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Bamus, lembaga Masyarakat, Wali Korong dan Masyarakat Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman menggel.
  • Selasa, 01 September 2020 - 15:22:40 WIB

    Warganet Kecam Aksi Tak Manusiawi Saat Penangkapan Pelaku Mesum di Pasaman

    Warganet Kecam Aksi Tak Manusiawi Saat Penangkapan Pelaku Mesum di Pasaman HARIANHALUAN.COM - Warganet ramai-ramai mengecam aksi main hakim dan tidak manusiawi oleh warga Ampanggadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman terhadap pelaku mesum (asusila) di daerah itu, Senin (31/8.
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 11:05:37 WIB

    Pemerintah Desa Ini Bagi 2.000 Masker untuk Warga

    Pemerintah Desa Ini Bagi 2.000 Masker untuk Warga HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Tungkal Selatan Kota Pariaman membagi bagikan 2.000 masker kepada warga setempat, Senin (31/8/2020). Pemberian masker itu diantarkan langsung ke rumah-rumah warga..
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 21:37:34 WIB

    Bupati Pessel Jajal Motor Trabas untuk Cek Warga di Dua Nagari

    Bupati Pessel Jajal Motor Trabas untuk Cek Warga di Dua Nagari HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengendarai motor trabas untuk menemui warga Kampung Kabun Nanda, kemudian  meninjau jalan Kapalo Banda menuju Ladang Gampua, Koto Kandis, Nagari Kambang Timur, Kecamatan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]