Akhirnya, eSports Resmi Jadi Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia


Sabtu, 29 Agustus 2020 - 00:04:28 WIB
Akhirnya, eSports Resmi Jadi Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia Penetapan eSports jadi olahraga prestasi dibawah KONI.

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui esports sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia. Pengakuan ini menandakan bahwa esports dapat ikut dipertandingkan pada kompetisi resmi tingkat Nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) dan sebagainya.

Ketua Hubungan Masyarakat PB Esports Indonesia (ESI) Ashadi Ang dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat menjelaskan, penetapan itu dilakukan dalam Rakernas KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual pada 25 hingga 27 Agustus 2020. Dalam acara ini juga, pemerintah Indonesia menyetujui PB eSports Indonesia sebagai olahraga prestasi di Indonesia di bawah KONI.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia Bambang Sunarwibowo menyampaikan bahwa esports layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan dan strategi seperti pada olahraga umumnya. Alasan lainnya karena esports sudah banyak dipertandingkan di ajang Nasional ataupun internasional, termasuk di Asian Games 2018 dan Sea Games 2019.

Sekretaris Jenderal KONI Pusat Ade Lukman menyatakan dukungannya terhadap esports Indonesia. "KONI mendukung penuh perkembangan esports di Indonesia. Semoga di bawah naungan PB ESI, atlet dan tim esports Indonesia bisa menciptakan prestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa," katanya.

Beberapa tim asal Indonesia tercatat pernah menjuarai kompetisi tingkat dunia, antara lain EVOS Esports pada ajang M1 World Championship dan
Bigetron Esports yang menjuarai kompetisi PUBG Mobile Club Open Fall Spit Global Finals 2019. Esports adalah gim interaktif dan kompetitif yang dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, konsol, telepon seluler dan sebagainya.

Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk gim dan esports. Riset Pokkt Decision Lab dan Media Marketing Association mengungkapkan ada 60 juta pemain gim mobile di Indonesia, dan diperkirakan mencapai angka 100 juta pada tahun ini. (*)

loading...
 Sumber : Antara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]