Selain Jiwasraya, Ini 10 BUMN yang Rugi Akibat Covid-19


Sabtu, 29 Agustus 2020 - 07:24:09 WIB
Selain Jiwasraya, Ini 10 BUMN yang Rugi Akibat Covid-19 Kemenkeu Petakan BUMN Sakit. (Foto: Okezone.com/BUMN)

HARIANHALUAN.COM - Badan Usaha Milik Negara merugi akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 sehingga membuat kinerja perusahaan menurun bahkan mengalami defisit.

Merespon kondisi itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam hal ini Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bakal melakukan restrukturisasi untuk mengobati BUMN yang sakit secara keuangan.

Direktur Kekayaan Negara Meirijal Nur mengatakan, pihaknya mau memetakan BUMN terlebih dahulu agar mudah melakukan restrukturisasi. Hal ini menindaklanjuti temuan BPK soal 10 BUMN yang merugi.

BUMN tersebut di antaranya, PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari, PT Dok dan Perkapalan Surabaya, PT Industri Telekomunikasi Indonesia, PT Asabri, PT Asuransi Jiwasraya.

"Kita sedang petakan mana BUMN bermasalah yang mereka hadapi, termasuk ekuitas negatif dan berbagai macam beban-beban utang yang harus ditanggung," ujar Meirijal dikutip dari Okezone.com, Sabtu (29/8/2020).

Meirijal menyatakan, pemetaan yang dilakukan DJKN sebagai bentuk penyusunan strategi pemerintah dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi 10 perusahaan pelat merah ini. Salah satu strategi yang akan diambil adalah merger atau holdingisasi.

"Kita petakan untuk pikirkan langkah-langkah strategis apa yang harus kita ambil," imbuhnya.

Dia pun akan membentuk tim bersama dengan Kementerian BUMN. Tim ini nantinya akan menindaklanjuti persoalan perusahaan pelat merah yang ekuitasnya negatif atau defisit.

"Menyatukan berbagai usaha yang lini bisnisnya sama, dan akan meningkatkan sinergitas dan potensi value creation lebih tinggi. Dibangun tim bersama untuk restrukturisasi," tandasnya. (*)

loading...
 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]