Lagi, Tenaga Pendidik Positif Covid-19 di Dharmasraya


Sabtu, 29 Agustus 2020 - 10:17:14 WIB
Lagi, Tenaga Pendidik Positif Covid-19 di Dharmasraya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengkonfirmasi satu tenaga pendidik di daerah itu, terpapar virus Covid-19, Sabtu (29/08).

"Pasien 36 atas nama Ny. S (56) yang merupakan warga Kecamatan Sitiung, tercatat sebagai salah seorang guru Sekolah Dasar dan terdeteksi setelah menjalani uji swab massal bagi seluruh tenaga pendidik di Dharmasraya yang diselenggarakan pada 24 Agustus 2020," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Dharmasraya, dr Rahmadian.

Ia menjelaskan, kegiatan uji swab massal itu diberlakukan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Kesehatan setempat dengan melibatkan seluruh Puskesmas dan dijadwalkan berlangsung hingga akhir Agustus 2020.

Menurutnya, saat ini yang bersangkutan sudah menjalani isolasi mandiri dan akan dilakukan pemeriksaan intensif oleh tim dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh.

Upaya lain, lanjutnya, pihaknya akan melaksanakan langkah-langkah penanganan lebih lanjut berupa tracing, tracing dan pengambilan sampel bagi individu yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien tersebut.

"Untuk itu kami meminta bagi masyarakat yang merasa pernah memiliki riwayat kontak erat dengan yang bersangkutan agar segera melapor dan mendaftarkan diri untuk diuji swab melalui petugas Surveilans masing-masing Puskesmas yang ada," imbaunya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga kembali menegaskan pentingnya menerapkan standar protokol kesehatan bebas Covid-19 yang antara lain dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari seperti menggunakan masker, sering-sering mencuci tangan dan menghindari kontak fisik dengan menjaga jarak aman.

"Untuk saat ini virus Covid-19 hanya bisa dilawan dengan memutuskan mata rantai penyebarannya dengan mematuhi standar protokol kesehatan dan bagi pelaku perjalanan dari daerah yang sedang mengalami serangan paparan virus tersebut agar dengan kesadaran sendiri bersedia untuk mengikuti uji swab agar risiko meluasnya sebaran melalui kontak lokal bisa dihindari, " tutupnya.

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, telah melaksanakan pengambilan sampel cairan hidung dan tenggorokan terhadap 950 orang tenaga pendidik di daerah itu, hingga Senin (24/08), untuk dilakukan uji swab oleh pihak laboratorium.

"Pengambilan sampel tersebut dilaksanakan bertahap diseluruh Puskesmas yang ada dan direncanakan akan berlangsung hingga akhir bulan Agustus 2020," kata dr Rahmadian.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan rangkaian persiapan guna menghadapi dimulainya proses pembelajaran tatap muka di seluruh sekolah yang ada di daerah itu. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 September 2020 - 16:20:30 WIB

    Lagi, Dua Warga Pessel Positif Covid-19

    Lagi, Dua Warga Pessel Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM -  Hari ini, Rabu (16/9), terjadi penambahan 2 orang pasien terkonfirmasi positif covid-19, di Kabupaten Pesisir Selatan. Ke 2 orang tersebut perempuan 68 th, pensiunan ASN, warga Batang Kecamatan Batang Kap.
  • Sabtu, 12 September 2020 - 17:22:57 WIB

    Lagi, Satu Orang Warga Dharmasraya Dinyatakan Positif Covid-19

    Lagi, Satu Orang Warga Dharmasraya Dinyatakan Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengkonfirmasi satu pasien positif terpapar virus Covid-19 asal daerah itu, Sabtu (12/09) sore. .
  • Kamis, 03 September 2020 - 10:56:28 WIB

    Lagi, Lima Tenaga Pendidik di Dharmasraya Positif Covid-19

    Lagi, Lima Tenaga Pendidik di Dharmasraya Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Sebanyak lima orang tenaga pendidik di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali dinyatakan positif terpapar virus Covid-19, Kamis (03/09). .
  • Rabu, 02 September 2020 - 11:15:28 WIB

    Kota Padang Zona Merah Lagi, Jubir Satgas Sumbar Berikan Solusi Ini

    Kota Padang Zona Merah Lagi, Jubir Satgas Sumbar Berikan Solusi Ini HARIANHALUAN.COM - Kasus positif Corona di yang terus meningkat membuat status zonasi Kota Padang ditetapkan menjadi zona merah. Itu artinya Kota Padang menjadi daerah dengan penularan Covid-19 yang tinggi. Status zona merah .
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 14:58:44 WIB

    Warga Positif Covid-19 Bertambah Lagi, Dinkes Pasaman Lakukan 3T

    Warga Positif Covid-19 Bertambah Lagi, Dinkes Pasaman Lakukan 3T HARIANHALUAN.COM - Virus Corona (Covid-19) kembali menjangkiti salah seorang warga di Kabupaten Pasaman. Hal itu berdasarkan laporan Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]