Berikut 6 Fakta Terkait soal Penyerangan Polsek Ciracas


Sabtu, 29 Agustus 2020 - 10:37:31 WIB
Berikut 6 Fakta Terkait soal Penyerangan Polsek Ciracas Kondisi Polsek Ciracas setelah dirusak, Sabtu (29/8/2020)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Polsek Ciracas, Jakarta Timur (Jaktim), dirusak sejumlah orang tak dikenal pada dini hari tadi, sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (29/8/2020). Gedung polsek hingga kendaraan menjadi sasaran perusakan. Mobil yang berada di area parkir menjadi objek perusakan massa. Mobil tersebut dibakar.

"Area parkir polsek, (kebakaran) jam 02.00 WIB pagi," kata petugas command center Damkar saat dihubungi.

Berikut enam fakta terkait penyerangan Polsek Ciracas:

Sekelompok orang tak dikenal merusak dan sejumlah fasilitas di markas Kepolisian Sektor Ciracas, Jakarta Timur, pada Sabtu dini hari (29/8). Pengrusakan juga mereka lakukan pada sejumlah kendaraan yang ada di lokasi.

Sekelompok orang tak dikenal merusak sejumlah fasilitas di markas Kepolisian Sektor Ciracas, Jakarta Timur, pada Sabtu dini hari (29/8). Perusakan juga mereka lakukan pada sejumlah kendaraan yang ada di lokasi. (Foto: 20detik)
Polsek Ciracas Diserang 100 Orang Tak Dikenal

Polda Metro Jaya menjelaskan peristiwa perusakan Polsek Ciracas, Jakarta Timur. Polsek Ciracas disebut diserang lebih dari 100 orang.

"Bahwa memang benar ada sekitar 100, kurang-lebih ya, 100 oranglah ya, ada penyerangan Polsek Ciracas oleh orang tidak dikenal," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Sabtu (29/8/2020).

Yusri menegaskan penyerang Polsek Ciracas berkelompok dan saat ini belum diketahui identitasnya. "Iya, orang tak dikenal, sekelompok orang tak dikenal, berkisar hampir 100 oranglah," kata Yusri.

Polisi menyebut mobil patroli dan satu mobil Wakpolsek Ciracas rusak dalam peristiwa penyerangan dan pembakaran di Polsek Ciracas, Jakarta Timur (Jaktim). Selain mobil, kaca gedung Polsek Ciracas juga hancur.

"Ada dua mobil yang dibakar, mobil patroli, satu mobilnya Pak Wakapolsek, ya," kata Kombes Yusri.

Ada pula mobil bus yang terparkir di Polsek Ciracas yang rusak. Kaca dipecahkan hingga berlubang-lubang.

"Terus ada juga mobil yang dirusak dan kaca," ujar Yusri.

3 Polisi Luka, 2 Dirawat

Penyerangan dan perusakan Polsek Ciracas itu membuat tiga polisi terluka. Dua di antaranya mengalami luka-luka dan dirawat di rumah sakit.

"Korban ada anggota dua orang, sebenarnya tiga, tapi nggak ini... satu itu anggota itu tangannya luka," kata Yusri.

Salah satu polisi yang mengalami luka dalam penyerangan sedang melintas di sekitar Polsek Ciracas. Kedua polisi yang mengalami luka-luka dirawat di RS Bhayangkara Kramat Jati.

"Kemudian satu lagi itu ada Pam Obvit lagi lewat, sama satu lagi," ujar Yusri.

"Di jalan mereka sambil setelah ini... di jalan kebetulan pas anggota lagi lewat. Luka saja," tambahnya.

Sementara itu, satu lagi polisi tak dirawat di rumah sakit. Yusri tak menjelaskan ketiga polisi tersebut diserang dengan apa. "Mungkin kena apa...," imbuhnya.

Dini hari tadi, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman sudah mengecek langsung Polsek Ciracas.

"Iya, Pak Kapolda sama Pak Pangdam sudah mengecek langsung ke sini. Tadi sudah menyampaikan juga ke teman-teman media untuk mengecek kejadian ini," kata Yusri.

Menurut Yusri, Nana dan Dudung Abdurachman meminta agar kasus ini segera diselesaikan. Polisi telah melakukan oleh TKP di Polsek Ciracas.

"Untuk segera mengungkap kasus ini. Segera melakukan penyelidikan. Hanya saja, kita sekarang melakukan olah TKP," tuturnya.

Sebanyak 100 orang tidak dikenal melakukan perusakan terhadap Polsek Ciracas, Jaktim. Polisi masih mendalami motif kejadian.

"(Pelaku) belum tertangkap. Masih dilakukan penyelidikan," kata Yusri.

Sejumlah polisi tengah melakukan olah TKP. Pelaku tengah diburu.

"Sekarang tim masih melakukan penyelidikan untuk mencari siapa-siapa pelaku tidak dikenal menyerang Polsek Ciracas," kata Yusri.

Mobil polisi yang dibakar dan dirusak saat penyerangan Polsek Ciracas dievakuasi. Mobil dievakuasi menggunakan kendaraan derek Dishub Pemprov DKI Jakarta.

Pantauan detikcom, di Polsek Ciracas, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur (Jaktim), Sabtu (29/8), tiga mobil derek Dishub Pemprov DKI Jakarta tiba pada pukul 08.20 WIB. Mobil derek langsung memasuki halaman Polsek Ciracas.

Dua mobil polisi yang dibakar langsung dipersiapkan untuk dievakuasi. Satu mobil sedan yang dirusak hingga kacanya pecah juga diangkut menggunakan derek Dishub DKI.

Sekitar pukul 08.40 mobil derek Dishub Pemprov DKI Jakarta yang mengangkut tiga kendaraan rusak dan dibakar meninggalkan Polsek Ciracas. Selain itu, ada 1 bus polisi dan 1 minibus yang dievakuasi tapi tak menggunakan mobil derek. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]