Diuji Klinis di Bandung, Vaksin Covid-19 Ini Merupakan Vaksin Darurat di Cina


Sabtu, 29 Agustus 2020 - 12:44:59 WIB
Diuji Klinis di Bandung, Vaksin Covid-19 Ini Merupakan Vaksin Darurat di Cina Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kandidat vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan Sinovac Biotech di antaranya diuji klinis di Kota Bandung dipilih sebagai vaksin darurat oleh Pemerintah Cina. Izin diberikan menyongsong musim dingin pada akhir tahun ini yang biasa menebar virus flu.

"Memperoleh izin dari Pemerintah Cina pada Juli 2020 untuk digunakan dalam situasi darurat," kata seorang sumber yang mengetahui persoalan tersebut. Pemberian izin itu merupakan bagian dari program vaksinasi kelompok berisiko tinggi di Cina, salah satunya tenaga kesehatan.

China National Biotec Group (CNBG), unit usaha perusahaan farmasi milik negara China National Pharmaceutical Group (Sinopharm), juga menyebut calon vaksin buatan mereka  telah menmengantongi izin yang sama. Informasi ini disampaikan Sinopharm di media sosial WeChat pada minggu lalu.

CNBG mengembangkan dua calon vaksin Covid-19 yang telah memasuki tahap akhir uji coba, uji klinis tahap III. Perusahaan tidak menyebut jenis calon vaksin yang mana yang ditunjuk untuk dipakai dalam situasi darurat itu.

Pemerintah Cina memang telah memberikan vaksin, sebagai bagian dari uji klinis, ke beberapa kelompok masyarakat yang rentan sejak bulan lalu. Ke depan, seorang pejabat pemerintah mengatakan kepada kantor berita resmi minggu lalu, sasaran akan diperluas lewat program penggunaan vaksin darurat demi mencegah wabah Covid-19 selama musim gugur dan dingin.

Pemerintah Cina tidak banyak memberikan keterangan resmi terkait calon vaksin yang telah diberikan ke kelompok masyarakat rentan lewat program vaksinasi darurat tersebut. Otoritas setempat juga tidak menyebut jumlah warganya yang telah dan akan divaksin.

Media milik pemerintah pada Juni memberitakan pegawai negeri yang berpergian ke luar negeri diperbolehkan untuk menerima satu dari dua calon vaksin buatan CNBG. Sementara itu, militer Cina juga telah menyetujui calon vaksin buatan CanSino Biologics.

Sejauh ini, ada tujuh kandidat vaksin Covid-19 yang telah memasuki uji klinis tahap III di berbagai negara dan empat di antaranya berasal dari Cina. Uji final itu untuk mengetahui keamanan dan keampuhan si calon vaksin mencegah penyakit. Tahapan itu penting dilalui agar mendapatkan persetujuan dari otoritas terkait untuk diproduksi massal.

Covid-19, penyakit menular yang disebabkan virus corona jenis baru SARS-CoV-2, hingga artikel ini dibuat telah menyebabkan lebih dari 835 ribu orang di dunia meninggal dari antara 24,6 juta kasus infeksi. Virus mewabah berawal dari Cina pada akhir tahun lalu. (*)

loading...
 Sumber : Tempo.Id /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 20:50:36 WIB

    September 2020, Vaksin Made In Indonesia Mulai Diuji Klinis

    September 2020, Vaksin Made In Indonesia Mulai Diuji Klinis HARIANHALUAN.COM - Penemuan vaksin menjadi salah satu faktor penentu guna memutus penularan virus corona atau covid-19. Kabar baiknya, pada September 2020, rencananya vaksin 'made in' Indonesia mulai diuji klinis..
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 21:53:49 WIB

    Tatanan Normal Baru Diuji Coba di Pasar Tradisional Ini

    Tatanan Normal Baru Diuji Coba di Pasar Tradisional Ini HARIANHALUAN.COM - Menjelang berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap I pada Jumat (29/5) Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menggelar uji coba penerapan new normal atau kenormalan baru di .
  • Kamis, 15 Februari 2018 - 11:07:36 WIB

    Minangkabau Express Tengah Diuji di Madiun

    Minangkabau Express Tengah Diuji di Madiun PADANG, HARIANHALUAN.COM - Minangkabau Express ditetapkan sebagai nama Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau (BIM). KA tersebut direncanakan mulai beroperasi pada akhir April atau selambat-lambatnya awal Mei 2018..
  • Selasa, 15 Desember 2015 - 03:35:25 WIB

    Empat Calon Pimpinan KPK Diuji

    Empat Calon Pimpinan KPK Diuji JAKARTA, Haluan — Tiga Calon Pimpinan KPK mulai menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI. Ketiganya, masing-masing Sujanarko, Alexander Marwata, Saut Situmorang dan Johan Budi. Mereka dicecar anggota bida.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]