Universitas Al-ahgaff Yaman Wisuda 52 Lulusan Terbaik asal Indonesia, diantaranya Mahasiswa dari Sumbar


Ahad, 30 Agustus 2020 - 08:06:57 WIB
Universitas Al-ahgaff Yaman Wisuda 52 Lulusan Terbaik asal Indonesia, diantaranya Mahasiswa dari Sumbar Universitas Al-ahgaff kembali mewisuda 71 mahasiswa angkatan 21-nya dari berbagai negara yang berlangsung di Tarim, Provinsi Hadramaut, Yaman.

Laporan - BUDIMAN (Mahasiswa Universitas Al-ahgaff Yaman asal Sikabu Ulakan Tapakis, Padang Pariaman - Sumbar)

 

HARIANHALUAN.COM - Universitas Al-ahgaff yang berusia 25 tahun merupakan salah satu instansi pendidikan Ahlu Sunnah wal Jamaah favorit yang ada di Kota Tarim, Provinsi Hadramaut, Yaman, salah satu negara di kawasan timur tengah.

Pada Kamis (27/8/2020), Universitas Al-ahgaff kembali mewisuda 71 mahasiswa angkatan 21-nya dari berbagai negara yang berlangsung di Tarim, Provinsi Hadramaut, Yaman. Dari 71 wisudawan, terdiri dari 57 Sarjana Syariah dan 14 Sarjana Hukum.

Wisuda Fakuktas Syariah dan Hukum, Universitas Al Ahgaff kali ini didominasi oleh mahasiswa asal Indonesia. Dari 71 jumlah wisudawan, 52 berasal dari Indonesia, 14 dari Yaman, 4 dari Thailand, dan 2 dari Somalia.

Mereka, 52 wisudawan dari Indonesia adalah mahasiswa-mahasiswa hebat yang berhasil lolos seleksi ala Al-ahgaff yang terkenal –di kawasan Timur Tengah- sangat ketat untuk menentukan kandidat wisudawan dari awal semester hingga akhir semester. Dari jumlah awal angkatan 21 yang berjumlah 200 orang, yang sampai ke tahap wisuda hanya 71 orang. Hal ini menggambarkan betapa ketatnya sistem pembelajaran di Universitas Al Ahgaff.

“Kita semua bersyukur dengan semangat teman-teman yang belajar di Yaman, bahkan menjadi mayoritas wisudawan tahun ini. Ini semua karena Indonesia mempunyai tanggung jawab yang besar dengan penduduknya terbesar di dunia beragama Islam, sehingga ketika pulang nanti kita akan menyalurkan apa yang kita dapat disini dan menjadikan Indonesia sebagai cerminan Islam dalam berbagai segi kehidupan sebagaimana kami belajar di  Yaman," ungkap Sisma Fitra, salah satu wisudawan tahun ini.

Acara berlangsung di auditorium utama Fakultas Syariah dan Hukum pukul 18.45 SKA, dihadiri Rektor Universitas Al-ahgaff; Prof. Al-habib Abdullah Baharun, Ustaz Abdullah Awadh bin Smith (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum), Dr. Abdurrahman Assegaf (ketua bidang Fiqih dan Ushul Fiqih), dan sejumlah dosen lainnya. 

Acara pengukuhan dipimpin langsung oleh Prof. Al-habib Abullah Baharun, didampingi Ustaz Abdullah Awadh bin Smith.

Rektor Universitas Al-ahgaff; Prof. Al Habib Abdullah Baharun berpesan kepada wisudawan agar selalu mengamalkan ilmunya sebaik mungkin dan juga mengingatkan kepada wisudawan agar selalu menjaga niat baiknya dalam menyebarkan ilmu serta tidak menjual ilmunya untuk duniawi.

“Jadilah kalian pelayan ilmu dan agama Islam, jagalah agama jangan sampai kalian mengorbankan agama demi keuntungan dunia yang fana," nasehat rektor.

Acara wisuda berlangsung khidmat dan meriah, ditambah adanya penampilan tari tradisional daerah Aceh dari mahasiswa Indonesia, yaitu tari Likok Pulo. Semua warga negara Yaman yang hadir terkagum-kagum dengan tarian Likok Pulo itu yang jarang dipertontonkan di negara Yaman.

Prosesi wisuda diakhiri dengan salat Isya berjemaah serta doa dan makan malam bersama 11.00 KSA.(*)


 

 Sumber : rilis /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]