Netizen Kecewa, Anang Hermansyah Dituding Lecehkan Bahasa Isyarat


Ahad, 30 Agustus 2020 - 15:20:43 WIB
Netizen Kecewa, Anang Hermansyah Dituding Lecehkan Bahasa Isyarat Anang Hermansyah

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anang Hermansyah dituding melecehkan bahasa isyarat yang biasa digunakan tunarungu berkomunikasi. Hal ini sontak membuat netizen kecewa dan memaksa Anang minta maaf. 

Awalnya, Anang Hermansyah terlihat sedang melakukan gerakan mirip dengan bahasa isyarat. Namun gerakan tersebut ia jadikan bahan bercandaan.

Baca Juga : Puncak Penghargaan AMI Award Segera Digelar, Berikut Syarat dan Ketentuan Pendaftaran

Di dalam video yang tayang di channel YouTube miliknya, terlihat Ashanty sedang marah. Kemudian sang suami memberikan menggerakkan tangannya seperti bahasa isyarat.

Momen tersebut kemudian diprotes. Kelompok disabilitas, terutama komunitas tuli merasa kecewa dengan yang dilakukan Anang Hermansyah.

Baca Juga : Penjual Kelapa Muda Ini Cantiknya Kebangetan, Yuk Kenalan!

Protes dilayangkan oleh akun Instagram @cbudidharma. Ia menilai Anang Hermansyah menghina kaum tuli. Akun itu meminta musisi yang juga mantan anggota DPR RI itu bisa lebih menghormati kaum tuli.

"Cek 'Paraah!! Ashanty dan Aurel Memalukan Dirinya Sendiri Saat Lomba 17an' di YouTube (1:55 - 2:18). Ini tidak diperlukan, dan ini sangat menghina kaum tuli. Lucu boleh, tetapi memperagakan bahasa isyarat?," terang akun tersebut.

Baca Juga : Tuh Kan! Istri Aldi Taher Mulai Kena Imbas Kelakuan Sang Suami

Akun itu juga meminta agar Anang Hermansyah menyampaikan permintaan maafnya.

Tidak berselang lama, Anang Hermansyah menuruti permintaan akun tersebut. Ia menyampaikan permintaan maaf lewat sebuah video.

Baca Juga : Film You and I Meraih Penghargaan di CPH:DOX, Copenhagen International Documentary Festival

"Halo, nama saya Anang. Saya mau minta maaf. Terima kasih," kata Anang menggunakan bahasa isyarat dalam video tersebut.

Belum cukup, Ashanty membantu suaminya memberikan penjelasan. Ia menyebut Anang Hermansyah tidak ada niatan melecehkan siapapun.

"Jadi ceritanya dari video yang diedit kita sedikit cekcok karena ketika mas Anang ngobrol ke kamera, terus-terus ngobrol sama saya. Saya gak dengerin. Saya sibuk lomba, sampai 'hey aku lagi ngomong loh'," kata Ashanty.

"Nah, akhirnya mas Anang pas saya yang lagi ngobrol ke kamera, dia itu mau ngasih isyarat tapi bukan mau ngejek temen-temen tuli tapi dia kayak 'Nih cewek nyinyir banget nih banyak omong banyak omong, pusing gak mau dengerin'," sambung Ashanty. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]