Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Mulyadi Fokus Kembangkan Sektor Perikanan


Senin, 31 Agustus 2020 - 09:14:44 WIB
Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Mulyadi Fokus Kembangkan Sektor Perikanan Mulyadi terus menebar kebaikan di masyarakat.

HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi melihat sektor perikanan masih bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi Sumbar memiliki panjang garis pantai yang pengelolaannya dapat dimanfaatkan secara maksimal.

"Sektor kelautan nyaris belum kita eksplor. Sebetulnya kita punya potensi tapi belum kita eksplor," kata Mulyadi.

Dia menambahkan, dengan garis pantai yang ada tentu bisa digunakan untuk mengembangkan sektor perikanan. Selain potensi perikanan laut, dia melihat masih ada potensi perikanan darat yang masih bisa digarap.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat menunjukkan pada tahun 2018 ada 41.881 rumah tangga di Sumbar yang bergantung pada perikanan. Baik itu perikanan darat ataupun laut.

Angka yang menurut Mulyadi cukup tinggi. Apabila bisa dikelola dengan baik tentu akan menghasilkan dampak positik kepada banyak orang.

Ketua DPD Demokrat Sumbar ini menyebut, yang harus bergerak ialah pemerintah. Pemimpin harus tahu apa potensi daerahnya sendiri, sehingga juga tahu apa yang harus dikerjakan.

Bagi Mulyadi yang terpenting ialah harus bisa berpikir inovatif dalam mengelola sektor perikanan. Terlebih persaingan daerah semakin ketat. 

Setiap provinsi, lanjut Mulyadi, berlomba-lomba agar potensi daerahnya bisa menghasilkan dan bermuara kepada kesejahteraan masyarakat. Hal itu harus dilakukan juga oleh pemimpin Sumbar kedepan.

"Seorang pemimpin pertama dia mampu menggerakkan semua potensi di daerahnya, dia harus mampu menjadi seorang leader. Kalau leader itu dia harus bisa menstimulasi, mengajak orang untuk berbuat sesuatu sesuai dengan tujuannya," tutup Mulyadi.

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]