Tingkatkan Kualitas Layanan, RSUD Sungai Dareh Fungsikan Gedung Baru September 2020


Senin, 31 Agustus 2020 - 14:08:36 WIB
Tingkatkan Kualitas Layanan, RSUD Sungai Dareh Fungsikan Gedung Baru September 2020 Kondisi ruang tunggu poliklinik rawat jalan yang berada di bangunan lama RSUD Sungai Dareh, kawasan Nagari Ampek Koto Pulau Punjung.

HARIAN HALUAN.COM - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dr Chusnul Chotimah Subekti, memastikan pelayanan poliklinik rawat jalan di rumah sakit tersebut segera dipindahkan ke gedung baru kawasan Nagari Sungai Kambut, pada September 2020.

"Langkah tersebut diambil sebagai upaya mengurai populasi antrean di layanan rawat jalan, disamping sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan bagi pasien RSUD Sungai Dareh," ungkapnya, di Dharmasraya, Senin (31/08). 

Menurutnya, meskipun pengerjaan bangunan baru itu masih berlangsung namun pihaknya memastikan pada lantai satu sudah bisa difungsikan, dengan kapasitas ruangan lebih luas maka penerapan standar protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada bidang pelayanan kesehatan bisa dilaksanakan lebih baik lagi. 

"Kami terus meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh masyarakat, disamping memenuhi hak pasien untuk mendapatkan layanan prima, upaya ini juga difokuskan untuk menahan risiko meluasnya paparan virus Covid-19 seperti yang terjadi pada beberapa rumah sakit di Sumatera Barat," tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan pada rumah sakit tersebut, dr Milana Gafar, menambahkan pada lokasi bangunan lama RSUD tersebut, pasien terpaksa harus mengantre berdesakan karena populasi pasien rawat jalan bisa mencapai 200 orang lebih dalam satu hari. 

"Selama pandemi Covid-19 kami terpaksa mendirikan tenda untuk memperluas kapasitas ruang tunggu agar bisa menerapkan standar jaga jarak aman," sebutnya. 

Terkait pelayanan di gedung baru nanti, ia menjelaskan meskipun sudah berfungsi sebagai poliklinik rawat jalan, namun beberapa kendala masih menjadi titik perhatian pihaknya seperti keberadaan ruang instalasi laboratorium dan instalasi rawat inap yang masih berada di gedung lama. 

"Untuk menjaga kualitas layanan, berkemungkinan kami akan menyediakan unit mobil khusus untuk membawa pasien jika harus dibawa ke laboratorium untuk pemeriksaan X-Ray dan jika dirujuk oleh tim medis untuk menjalani rawat inap," tutupnya.(*)
 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]