Pendaftar Banyak, Tim Uji Vaksin Corona Kelebihan Relawan


Senin, 31 Agustus 2020 - 16:24:47 WIB
Pendaftar Banyak, Tim Uji Vaksin Corona Kelebihan Relawan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pendaftaran relawan uji vaksin corona milik perusahaan China, Sinovac membludak hingga melebihi kebutuhan tim riset. Meski demikian, tim riset uji klinis vaksin Covid-19 masih membuka pendaftaran hingga sore ini (31/8).

Manajer Lapangan Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy Fadlyana mengatakan, animo masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai relawan sangat tinggi.

Hingga Senin (31/8), jumlah pendaftar mencapai di atas 2.400 orang. Jumlah relawan yang mendaftar ini melebihi kebutuhan tim riset yang hanya membutuhkan 1.620 orang.

"Jumlah (yang mendaftar) lebih dari 2.400 orang, data tepatnya masih diverifikasi tim," ucap Eddy dalam pesan singkat, Senin (31/8).

Menurut Eddy, pihaknya mendahulukan relawan yang terlebih dahulu dalam proses penyuntikan vaksin.

"Pendaftaran bisa lewat Whatsapp atau lewat Puskesmas. Kami ada tim dokter yang memverifikasi data, baru kemudian dihubungi," kata Eddy.

Penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan di enam lokasi di Kota Bandung. Antara lain, Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Balai Kesehatan Unpad Dipatiukur, Puskesmas Garuda, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Dago, dan Puskesmas Ciumbuleuit.

Adapun pendaftaran relawan masih dibuka hingga 31 Agustus 2020.

"Untuk pendaftaran kita terima sampai akhir jam kerja," ucap Eddy.

Sementara itu, jumlah relawan uji klinis fase III yang telah disuntik vaksin Covid-19 di Bandung sudah mencapai 248 orang. Penyuntikan vaksin dilakukan secara bertahap sejak Senin (11/8) lalu.

"Jumlah yang disuntik sudah 248 orang," tutur Eddy.

Eddy menuturkan, jadwal penyuntikan vaksin dilakukan setiap Selasa dan Jumat. Jumlah relawan yang disuntik pada dua hari itu sebanyak 25 orang di tiap pusat vaksinasi.

PT Bio Farma melakukan uji klinis vaksin Covid-19 fase III buatan Sinovac asal China di Bandung, Jawa Barat. Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang farmasi itu bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Unpad untuk melaksanakan pengujian vaksin.

Untuk pelaksanaan uji klinis vaksin di Bandung dibutuhkan sekitar 1.620 relawan dengan rentang usia antara 18 hingga 59 tahun.

Selain berdomisili di Bandung, calon relawan juga harus dinyatakan lolos verifikasi kesehatan fisik dan tidak terpapar Covid-19.

Adapun penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19 di antara para relawan dilakukan secara acak dan rahasia. Ada yang diberikan vaksin atau plasebo. Tidak diketahui apakah mereka mendapat cairan vaksin yang sedang diuji klinis fase III itu atau hanya plasebo sebagai alat kontrol.

Proses uji klinis vaksin Covid-19 tersebut akan berjalan selama enam bulan hingga akhir tahun 2020. Jika telah teruji dan mendapat izin edar, vaksin Sinovac akan diproduksi massal di awal 2021.(*)

loading...
 Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]