Peduli Sampah, Kelompok Dasawisma di Pasaman Ini Dapat Bantuan dari PT Semen Padang


Senin, 31 Agustus 2020 - 19:34:28 WIB
Peduli Sampah, Kelompok Dasawisma di Pasaman Ini Dapat Bantuan dari PT Semen Padang Bupati Pasaman, Yusuf Lubis hadiri penyerahan 20 unit peralatan pengelolaan sampah dari PT Semen Padang di Panti.

HARIANHALUAN.COM - Peduli sampah, kelompok Dasawisma Kemiri 8 di Jorong Sentosa, Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman terima 20 unit peralatan pengolahan sampah dari PT Semen Padang Tbk, Senin (31/8/2020).

Bantuan itu merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang kepada masyarakat, diserahkan dalam program wanita peduli sampah, terutama bagi kalangan Ibu rumah tangga di daerah itu.

Ketua TP PKK Nagari Panti, Yulius Erita mengucapkan ribuan terimakasih untuk 20 set pengurai sampah yang diberikan cuma-cuma oleh salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia itu. Menurutnya, bantuan itu akan memudahkan kaum ibu dalam mengurai sampah rumah tangga menjadi bernilai ekonomis.

"Sebagian besar sampah ternyata berasal dari rumah tangga. Karenanya ibu-ibu harus memiliki skill bagaimana mengurai sampah menjadi pupuk organik yang bernilai ekonomis. Kolaborasi PT. Semen Padang, Dinas Lingkungan Hidup dan ibu-ibu PKK," ungkap legislator Pasaman ini.

Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Suryani Nasution menjelaskan, bahwa program wanita peduli sampah di Provinsi Sumatera Barat telah dimulai sejak 2018. Dan, kaum ibu, kata dia, sosok utama yang menjaga kebersihan dan keindahan rumah tangga dan lingkungan di sekitarnya.

"Pengelolaan sampah dapat dilakukan secara sederhana di rumah tangga. Pemilahan sampah harus pintar. Dari sampah organik bisa menghasilkan pupuk kompos. Kita juga bisa memanfaatkan sampah an organik menjadi barang-barang daur ulang yang dapat bernilai manfaat," katanya.

Terpisah, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengapresiasi bantuan PT. Semen Padang tersebut. Menurutnya, kepedulian perusahaan BUMN itu dapat melestarikan lingkungan yang mulai rusak akibat persoalan sampah.

"Kepada Bapak yang mewakili dari PT Semen Padang, kami ucapkan terimakasih atas bantuannya. Semoga kedepan bantuan ini terus berkelanjutan," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]