Bank Nagari Terus Tingkatkan Kinerja dan Layanan Terhadap Nasabah


Senin, 31 Agustus 2020 - 21:05:36 WIB
Bank Nagari Terus Tingkatkan Kinerja dan Layanan Terhadap Nasabah Jajaran Direksi Bank Nagari periode 2020 - 2024. Dari kiri ke kanan Direktur Utama M. Irsyad, Direktur Operasional Syafrizal, Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra, Direktur Keuangan Sania Putra dan Direktur Kepatuhan Restu Wirawan.  IST

HARIANHALUAN.COM - Bank Nagari terus melakukan pembenahan layanan terutama dalam hal digitalisasi perbankan. Apalagi, di masa pandemi ini, digitalisasi perbankan sangat dibutuhkan oleh nasabah. Karena dalam kondisi ini, tanpa teknologi perbankan tidak ada artinya.

“Kami menargetkan terjadi pertumbuhan sekitar 40 persen dalam layanan digital perbankan. Alhamdulillah itu terjadi di tengah pandemi Covid-19. Bank Nagari telah banyak memiliki layanan digital yang memudahkan nasabah bertransaksi keuangan. Baru-baru ini telah hadir pula QRIS di tengah-tengah nasabah,” ungkap Direktur Utama Bank Nagari M. Irsyad kepada wartawan, Senin (31/8).

Irsyad yang saat itu didampingi jajaran Direksi lainnya, Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra, Direktur Keuangan Sania Putra, Direktur Operasional Syafrizal, dan Direktur Kepatuhan Restu Wirawan, serta Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Yasrizal Idrus menyebutkan, saat ini Bank Nagari tengah mempersiapkan aplikasi pengajuan kredit mikro, pembukaan rekening tabungan dan layanan perbankan lainnya. “Jadi, nasabah tidak perlu lagi face to face datang ke Bank Nagari dalam hal pelayanan perbankan. Itu salah satu komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah,” ucapnya.

Tidak hanya nasabah saja, sebut Irsyad, termasuk pelayanan kepada pemerintahan provinsi, kabupaten/kota di Sumbar. “Kami telah menelurkan aplikasi agar tata keuangan pemerintahan berjalan dengan baik dan transparansi. Misal, telah diluncurkan e-retribusi di sejumlah kabupaten/kota di Sumbar,” ungkap alumni Pertanian Unand ini.

Irsyad juga menegaskan Bank Nagari tidak akan berjalan sendiri. Butuh kolaborasi dengan sejumlah stakeholders. “Dengan demikian, bank ini makin dipercaya oleh seluruh pihak termasuk nasabah. Dengan berlandaskan teknologi perbankan. Oleh karena itu, mari beri kepercayaan kepada Bank Nagari dalam membangun ekonomi Sumbar,” harap Irsyad.

Bagaimana dengan sisi SDM? Syafrizal mengungkapkan ada tiga poin penting dalam penguatan sumber daya manusia (SDM) yang andal dalam tantangan digitalisasi perbankan. Yakni, knowledge, skill dan attitude. “Tanpa ketiga poin tersebut, tidak akan terwujud SDM yang andal. Kami berupaya menyiapkan SDM yang andal dengan tiga poin tersebut,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Keuangan, Sania Putra. “Di tengah Covid-19 ini, bank harus mampu menyesuaikan diri. Digitalisasi perbankan mau tak mau tak dapat dihindari. Bank harus berupaya melakukan inovasi pelayanan. Dan, digitalisasi perbankan di Bank Nagari sudah dibangun pada masa direksi sebelumnya,” ungkapnya.

Kini, sebut Sania, pihaknya terus berupaya mempertahankan dan melakukan berbagai inovasi lainnya. Termasuk menggandeng dan mengajak kerja sama start up dan e-commerce dalam pelayanan perbankan. “Ini dimaksudkan untuk peningkatan layanan dan berdampak pada  pendapatan fee based,” harap Sania.

Di sisi lain, Gusti Chandra mengakui di tengah Covid-19 ini ini juga berdampak pada pertumbuhan kredit dan potensi risiko kredit. ”Kepada nasabah (UMKM) kami telah melakukan restrukrisasi,” katanya.

“Dengan membantu kemandirian UMKM. Kami percaya UMKM akan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskiman,” katanya.

Sementara Direktur Kepatuhan, Restu Wirawan, tugas yang diembannya menyangkut harmonisasi bisnis. “Untuk memperlancar bisnis terkait aturan-aturan yang harus dipenuhi sebab bank merupakan lembaga kepercayaan. Kami berperan dalam penerapan good corporate governance, agar dapat menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Bank Nagari meningkat,” katanya, seraya menambahkan pihaknya juga mengelola risiko reputasi bank. (*)
 

Reporter : Atviarni /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]