Wujudkan Pendidikan Antikorupsi, Pemda di Sumbar Diminta Libatkan Inspektorat


Rabu, 02 September 2020 - 06:04:50 WIB
Wujudkan Pendidikan Antikorupsi, Pemda di Sumbar Diminta Libatkan Inspektorat Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Terkait desakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk meminta seluruh Pemda di wilayah Sumbar segera menerbitkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang penyelenggaraan pendidikan antikorupsi pada satuan pendidikan.

Menanggapi permintaan KPK, Kepala BKPSDM Kota Solok, Hendaukhtri, menyampaikan komitmennya untuk memenuhi permintaan penerbitan perkada yang sesuai dengan regulasi dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemendagri dan Kementerian Agama.

“Dalam pemahaman kami bahwa kami perlu menerbitkan produk hukum tersebut, maka kami akan meneruskan permintaan tersebut kepada para pemangku kepentingan di pemda Sumbar,” katanya, kemarin.

Selain itu, Penanggung jawab wilayah Sumbar dari Satgas Koordinasi Pencegahan Wilayah IX KPK, Wahyudi, mengingatkan kepada semua Pemda se-Sumbar untuk melibatkan Inspektorat Daerah dalam proses implementasi program pendidikan antikorupsi, sejak perencanaan, pelaksanaan, sampai pertanggungjawaban anggaran APBD di masing-masing Dinas Pendidikan se-Sumbar.

Sebelumnya, pada tanggal 11 Desember 2018, 5 (lima) instansi negara, yaitu KPK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri, menandatangani komitmen untuk melaksanakan Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Antikorupsi dalam upaya mendukung tumbuh kembangnya integritas di lingkungan satuan pendidikan.

Hingga Juni 2020 tercatat 174 pemerintah daerah yang telah menerbitkan regulasi terkait Implementasi Pendidikan Antikorupsi di tingkat pendidikan dasar, menengah dan pelatihan kedinasan dengan payung hukum berupa 10 Peraturan Gubernur (Pergub), 133 Peraturan Bupati (Perbup) dan 31 Peraturan Walikota (Perwali).

Publik dapat mengakses informasi mengenai pelaksanaan, pedoman, dan contoh Perkada Penyelenggaraan Pendidikan Antikorupsi, melalui laman https://aclc.kpk.go.id/pendidikan-antikorupsi. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]