Hasil Tangkapan Tak Maksimal, Nelayan Pessel Keluhkan Minimnya Alat


Rabu, 02 September 2020 - 09:45:20 WIB
Hasil Tangkapan Tak Maksimal, Nelayan Pessel Keluhkan Minimnya Alat Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Minimnya peralatan yang dimiliki nelayan di Lakuak Pasar Gompong, Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lenggayang, Kabupaten Pessel membuat tangkapan ikan tidak maksimal. Kondisi tersebut sudah terjadi cukup lama dan ditambah lagi dengan hasil tangkapan nelayan sedang berada di titik terendah.

Dikutip dari akun Instagram @pessel_info pada Rabu (2/9) nelayan di sana juga mengeluhkan nilai jual hasil tangkapannya pun hanya dibeli murah saat dijual ke pasar. Kadang, hasil tangkapan ikan yang didapat hanya setengah ember dan jika dijual ke pasar harganya Rp150 ribu.

Pendapatan yang diperoleh tersebut harus dibagi dengan biaya bahan bakar dan kebutuhan melaut lainnya. Sehingga dalam sehari para nelayan hanya mendapatkan sekitar Rp80 ribu saja per hari. Wali Nagari Kambang Barat, Awaluddin mengatakan di daerahnya terdapat 11 kelompok nelayan dan di Kampung Pasar Gompong ada tiga kelompok nelayan.

"Sebagai wali nagari saya berharap apa yang menjadi keluhan masyarakat bisa dikabulkan," katanya.

Ia menyebutkan, keluhan mengenai peralatan yang minim sudah sampai kepada Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. Awaluddin menyebutkan bupati berjanji akan memberikan bantuan yang diperlukan nelayan.

"Beliau langsung merespon dan akan memberikan bantuan berupa mesin dan alat tangkap bulan September ini," sebutnya. (*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]