Pemnag Campago Selatan Ajukan Proposal untuk Pembenahan Aliran Toboh Kuranji


Rabu, 02 September 2020 - 12:24:11 WIB
Pemnag Campago Selatan Ajukan Proposal untuk Pembenahan Aliran Toboh Kuranji Aliran Air Toboh Kuranji ke Simpang tiga Palanggaran Nagari Campago Selatan, menunggu pembenahan permanen dari pihak terkait. trisnaldi

HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Nagari Campago Selatan, Kec V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman mulai ajukan proposal ke PU daerah setempat untuk pembenahan aliran air Toboh Kuranji ke Simpang Tiga Palanggaran sepanjang 500 meter.
   
Pasalnya, kalau hujan lebat, aliran air tersebut tidak bisa menampung debit air, karena alurnya semakin sempit dan banyak sedimen. Akibatnya air dari saluran ini meluap dan merembes ke sawah rakyat dan rumah penduduk di sekitarnya.
   
"Kondisi ini sering terjadi, dan sering pula jadi perbincangan di forum rapat nagari," kata Wali Nagari Campago Selatan Hanafi, kepada harianhaluan.com, Rabu (2/9-2020).
  
Jika di kerjakan dengan dana desa, hal itu tak memungkinkan, lebar dasar saluran itu mencapai 5 meter. Oleh sebab itu pihak nagari minta bantuan ke kabupaten terkait penanganannya.
   
"Kini lebar saluran itu bervariasi, ada 3 meter, ada pula dua meter, aliran air tersebut masih tanah belum tersentuh semen," kata Hanafi.
   
Antisipasi yang dilakukan nagari selama ini hanya dengan bergotong royong membersihkanya. 
    
"Kini kita coba dengan pengajuan proposal ke Kabupaten Padang Pariaman untuk penanganannya secara permanen," lanjutnya.
     
Proposal sendiri, lanjut Hanafi, sudah dibuat, lengkap dengan kondisi foto lapanganya, secepatnya diantar ke kabupaten, mudah-mudahan terealisasi.
     
Menurut Hanafi, jika ini terealisasi, maka kawasan sekitar aliran air tersebut terbebas dari banjir dan ancaman kegagalan pertanian masyarakat akibat banjirpun jadi terhindarkan. (*)

 

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]