Pejabat Dharmasraya Akan Lakukan Uji Swab Minggu Depan


Rabu, 02 September 2020 - 14:31:53 WIB
Pejabat Dharmasraya Akan Lakukan Uji Swab Minggu Depan Pelaksanaan pengambilan sampel uji swab bagi masyarakat yang dilaksanakan oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, baru-baru ini.

HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menjadwalkan pelaksanaan pengambilan sampel cairan hidung dan tenggorokan bagi pimpinan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di daerah itu, pada minggu kedua September 2020.

"Pasca mulai beroperasinya kegiatan pada instansi pemerintahan, diketahui sejumlah pejabat daerah sudah banyak yang melakukan perjalanan dinas keluar daerah yang sebagian besar masih terdapat kasus penyebaran virus Covid-19," ungkapnya. 

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 204, Sembuh 99, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Sementara, lanjutnya, banyak pejabat belum tercatat telah melaksanakan uji swab baik dilakukan secara mandiri maupun mengikuti pelaksanaan pengambilan sampel uji di Puskesmas yang ada. 

Dari data terakhir pihaknya, hingga saat ini baru enam orang pejabat yang sudah terdata mengikuti uji  swab, yakni Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Dharmasraya, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kepala Badan Keuangan dan Kepala Dinas Kesehatan setempat. 

Baca Juga : Pasca Oknum Pegawai Lapas Terlibat Narkoba, Kalapas Bukittinggi Gelar Razia dan Bentuk Tim Khusus

"Dari enam pejabat tersebut hanya dua orang yang secara kesadaran sendiri untuk memeriksakan dirinya setelah melakukan perjalanan dinas luar daerah, selebihnya melakukan uji swab karena pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19," jelasnya. 

Sementara itu, terkait aktifitas para legislator di daerah itu yang diketahui juga telah melaksanakan perjalanan dinas keluar daerah pasca penerapan status kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Nasution, mengatakan sepanjang Agustus 2020 setidaknya sudah ada tiga kali kegiatan perjalanan.

Baca Juga : Aksi Pencurian Kotak Amal di Dharmasraya Ini Terekam CCTV

Ketika ditanyakan tentang kesadaran para wakil rakyat itu melaksanakan uji swab, pihaknya mengaku tidak berwenang memberi keterangan karena masalah tersebut bukan kewenangannya. 

"Itu sudah menjadi ranah pribadi masing-masing anggota dewan," pungkasnya. 

Baca Juga : Pemerintahan Kecamatan IV Jurai Lakukan Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat daerah itu, Syamsuir Djaka SH MM, menilai jika memang ada kelalaian dari para pejabat publik mengikuti uji swab, maka bisa dianggap telah memberikan keteladanan tidak baik bagi masyarakat luas. 

Menurutnya, jika dilihat dari tatalaksana uji swab yang sudah dijalankan pihak gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, jelas terlihat ada ketimpangan dalam menentukan sasaran pelaksanaan kegiatan karena hanya menyasar para tenaga pendidik saja serta beberapa sampel acak dari unsur masyarakat. 

"Sementara tren penyebaran Covid-19 saat ini justru telah menempatkan kantor-kantor pemerintah sebagai salah satu klaster baru penyebaran virus tersebut, bisa jadi penyebabnya adalah sikap lalai dan acuh seperti yang diperlihatkan para oknum pejabat dan wakil rakyat kita inilah yang jadi pemicunya," tegas dia. 

Ia berharap, ada upaya pemaksaan dari pihak berwenang untuk meningkatkan kedisiplinan pelaksanaan standar protokol kesehatan bebas Covid-19 secara masif dan terukur. 

"Jangan beraninya mengimbau dan merazia masyarakat yang tidak menggunakan masker saja, sementara para oknum pejabat dibiarkan melanggar meskipun secara tingkat risiko mereka lebih berpotensi terpapar jika dibandingkan dengan masyarakat biasa yang tidak mampu melakukan perjalanan keluar daerah," tutupnya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]