Mira Atos Kecam Aksi Persekusi Terhadap Pelaku Mesum! DPPPA Pasaman Lakukan Pendampingan kepada Korban


Rabu, 02 September 2020 - 14:47:32 WIB
Mira Atos Kecam Aksi Persekusi Terhadap Pelaku Mesum! DPPPA Pasaman Lakukan Pendampingan kepada Korban Ketua GOW Kabupaten Pasaman, Mira Atos Pratama

HARIANHALUAN.COM - Persekusi dan main hakim sendiri oleh warga Ampanggadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, mendapat respons dari Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pasaman, sekaligus istri Wakil Bupati Pasaman, Mira Delima Atos Pratama. 

Ia mengatakan sangat mengecam aksi main hakim sendiri oleh warga terhadap pelaku mesum. Kasus persekusi itu, kata Wakil Ketua TP PKK Pasaman ini menunjukkan bahwa kultur kekerasan di tengah masyarakat masih belum sepenuhnya hilang.

"Apa pun tindakan kejahatan yang dilakukan oleh seseorang itu tidak bisa menjadi pembenaran untuk melakukan persekusi dan tindakan main hakim sendiri seperti di kasus di Ampanggadang ini. Untuk itu, saya mengecam aksi main hakim sendiri oleh warga itu," ujar Mira, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya, aksi persekusi dan main hakim sendiri itu tak dapat dibenarkan, terlepas dari kejahatan yang dilakukan oleh MY, yaitu melakukan perbuatan asusila. Pengakuan Mira, dia sudah meminta instansi terkait segera melakukan pendampingan terhadap korban. 

"Pendampingan korban persekusi akan dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA). Sdh Ibu koordinasikan," pungkas Ibu tiga anak ini. 

Sebelumnya, video aksi main hakim sendiri terhadap wanita pelaku mesum beredar luas di media sosial.

Dalam video berdurasi sekitar 5 menit 30 detik itu sejumlah orang memaksa untuk melepaskan pakaian yang melekat di tubuh perempuan tersebut. 
Orang-orang itu bahkan sempat melakukan penganiayaan. Mulai dari menendang, diseret hingga kepalanya dikotori dengan lumpur. 

Tidak hanya itu, sekelompok orang ini juga mengaraknya keliling kampung hingga ke jalan raya. Perempuan itu tampak berteriak histeris karena pakaiannya dilucuti. Terakhir, video tersebut sudah tidak tayang lagi di youtube. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Juli 2020 - 16:35:05 WIB

    Gerakkan Ekonomi Masyarakat, Mira Apresiasi Emak-Emak Produksi APD

    Gerakkan Ekonomi Masyarakat, Mira Apresiasi Emak-Emak Produksi APD HARIANHALUAN.COM - Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pasaman, Mira Delima Atos Pratama meninjau langsung pembuatan Alat Pelindung Diri (APD) jenis pakaian hazmat oleh emak-emak penjahit di Nagari Alahan Mati, Ke.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 16:16:26 WIB

    Remaja Tawuran Pada Malam Hari, Diduga Kuat Karena Faktor Miras dan Nge-Lem

    Remaja Tawuran Pada Malam Hari, Diduga Kuat Karena Faktor Miras dan Nge-Lem PADANG, HALUAN - Maraknya pelaku tawuran remaja di Kota Padang di setiap malamnya, termasuk di bulan Ramadan tahun ini, menjadi perhatian serius bagi seluruh pihak keamanan dan unsur terkait. Tidak ketinggalan menjadi perhati.
  • Selasa, 05 Januari 2016 - 03:30:28 WIB

    Polres Pessel Sita Ratusan Miras

    Polres Pessel Sita Ratusan Miras PAINAN, HALUAN —Pol­res Pesisir Selatan (Pessel) menyita ratusan botol mi­numan keras dengan ber­bagai merek dalam operasi cipta kondisi (OCK) sejak pergantian malam tahun baru hingga bergulirnya OCK sampai Senin (4/1)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]