Peretasan Situs Tempo dan Tirto, Pelapor dan Saksi Mulai Diperiksa


Rabu, 02 September 2020 - 16:48:19 WIB
Peretasan Situs Tempo dan Tirto, Pelapor dan Saksi Mulai Diperiksa Hasil tangkapan layar Tempo.co mendapat serangan cyber. (TEMPO/Fajar Febianto)

HARIANHALUAN.COM-Pemeriksaan terhadap pelapor dan saksi dalam kasus peretasan situs media daring Tempo.co dan Tirto.id telah mulai dilaksanakan penyelidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

"Untuk Tempo dijadwalkan hari ini bersama saksinya, tapi pihak Tempo menyampaikan bisanya kemarin (Selasa) tidak hari ini. Jadi dia mendahului, kemarin sudah diundang dan diklarifikasi dengan membawa bukti-bukti yang dia laporkan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus  seperti dikutip dari Antara, Rabu (2/9/2020).

Pelapor dan saksi dari media daring Tirto.id juga dijadwalkan diperiksa oleh penyidik hari ini, namun pemimpin redaksi Tirto.id selaku pelapor mengajukan penundaan pemeriksaan hingga Jumat.

"Tirto juga kita jadwalkan hari ini tapi pihak pemred Tirto di luar kota minta diundur hari Jumat, tapi saksi-saksinya dari karyawan mereka akan datang hari ini. Jadi untuk Tirto hari ini dia datang saksi-saksinya ya," ujarnya.

Pemimpin Redaksi Tirto.id dan Tempo.co melapor ke Polda Metro Jaya pada Senin 25 Agustus 2020 terkait dugaan peretasan situs web milik kedua media tersebut.

Laporan oleh Tempo.co telah diterima Kepolisian dan terdaftar dengan nomor laporan LP/5037/VIII/YAN.2.5./2020/SPKT PMJ.

Sedangkan laporan oleh Redaksi Tirto.id tertuang pada nomor LP/5035/VIII/YAN.2.5./2020/SPKT PMJ.

Adapun pasal yang dipersangkakan, yakni tindak pidana tentang pers dan ITE. Pasal yang dilaporkan, yakni Pasal 32 ayat 1 junto Pasal 48 ayat 1 tentang ITE dan Pasal 18 ayat 1 tentang pers. (*)

 Sumber : Antara /  Editor : Dodi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]