Padang Masuk Zona Merah, Masyarakat Dilarang Gelar Pesta Pernikahan


Kamis, 03 September 2020 - 20:38:20 WIB
Padang Masuk Zona Merah, Masyarakat Dilarang Gelar Pesta Pernikahan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kota Padang yang sebelumnya berstatus zona orange kembali berubah menjadi zona merah. Kota Bingkuang ini merupaka satu-satunya daerah di Sumbar yang berstatus zona merah atau zona risiko tinggi penyebaran virus Corona.

Status Kota Padang yang berada pada zona merah ini disampaikan melalui surat edaran Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno nomor 433.3/566/P2P-Dinkes/IX/2020.

Lantas, apa itu zona merah? Simak ulasannya!.

Zona merah adalah zona yang merada pada risiko tinggi penyebaran virus Corona atau berada di level 4, dengan penyebaran virus tidak terkendali.

Sementara, dikaji dari tingkat transmisi Covid-19 tergolong transmisi lokal yang sudah terjadi dengan cepat, serta wabah menyebar virus Corona secara luas dan banyak memunculjan kluster-kluster baru.

Bentuk Implementasi Sektor

Irwan menyarankan Pemko Padang melakukan penelusuran kontak agresif pada kasus positif dan suspek Covid-19. Serta, intensif testing harus dijalankan.

Kepada masyarakat disarankan harus tetap berada di rumah. Bagi yang ingin melalukan perjalanan tidak diperbolehkan. Begitu juga, pertemuan publik tidak diperbolehkan dan tempat-tempat (publik/keramaian) ditutup, termasuk pesta pernikahan.

"Aktivitas bisnis ditutup kecuali untuk keperluan esensial. Seperti, supermarket bahan pokok, klinik dan stasiun bahan bakar," sebut Irwan.

Terakhir, Irwan meminta untuk memprioritaskan pengguna fasilitas kesehatan, dan fasilitas pendidikan ditutup dan dilakukan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, dengan ditetapkannya Kota Padang sebagai zona merah, Pemerintah Kota (Pemko) Padang harus menyesuaikan kebijakan yang dikeluarkan Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI.

"Artinya, banyak hal-hal yang harus diperhatikan oleh Pemko Padang. Misalnya, masalah orang masuk, sekolah tatap muka, orang mengadakan baralek itu tidak boleh lagi. Semua perkantoran harus menerapkan ‘work from home’. Penetapan zona merah itu banyak dampaknya," ujar Jasman. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]