Putus Penyebaran Covid-19, Kampung Masker Diluncurkan di Sijunjung


Jumat, 04 September 2020 - 12:06:13 WIB
Putus Penyebaran Covid-19, Kampung Masker Diluncurkan di Sijunjung Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan bersama Kasdim 0310/SS serta Muspika memakaikan masker kepada warga yang melintas di kawasan Kampung Masker Nagari Kumanis Kecamatan Sumpur Kudus, Jumat (4/9/2020).

HARIANHALUAN.COM - Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus resmi dijadikan sebagai Kampung Masker. Dimana, warga di Kenagarian tersebut menetapkan gerakan wajib memakai masker sebagai langkah tegas untuk memutus mata rantai penyebaran corona virus disease (covid-19) di wilayah Kecamatan Sumpur Kudus.

Gerakan Kampung Masker tersebut digagas oleh Kapolsek Sumpur Kudus Iptu Guzirwan, Danramil, Camat bersama dengan Wali Nagari dan didukung oleh warga masyarakat yang ada di Kecamatan Sumpur Kudus. Perangkat Satgas Covid-19 Kecamatan Sumpur Kudus beserta perangkat Nagari pun ikut memberikan imbauan atau ajakan serta melakukan razia masker kepada setiap orang yang melintas di Nagari tersebut. 

"Jika didapati ada yang tidak memiliki masker maka akan diberi masker, upaya ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian sekaligus kesadaran warga untuk memutus rantai persebaran Covid-19," tutur Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan saat melakukan launching Kampung Masker, Jumat (4/9/2020).

Dia memberikan apresiasi kepada Kapolsek dan Camat, Wali Nagari serta seluruh perangkat Nagari dan didukung penuh oleh warga masyarakat Kecamatan Sumpur Kudus atas penerapan Kampung Masker di Nagari Kumanis sebagai Nagari percontohan Kampung Maskermewajibkan warga yang keluar rumah menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selain mewajibkan warganya menggunakan masker saat keluar rumah, Satper Nagari beserta Satgas Covid 19 juga melakukan razia masker terhadap warga dan pengendara yang melintas ditambah memasang poster kawasan wajib masker di sejumlah jalan masuk ke Nagari yang ada di Kecamatan Sumpur Kudus. "Poster tersebut berisi imbauan keras pentingnya penggunaan masker, karena berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan bersama," ungkapnya.

AKBP Andry Kurniawan juga menambahkan langkah nyata ini dinilai patut dicontoh oleh nagari dan Kecamatan lainnya. Pasalnya, selain menetapkan lingkungan wajib masker, bahkan ada warga lainnya juga yang peduli membagikan masker untuk yang membutuhkan. Kemudian, selain perangkat Nagari dan Satgas Covid-19 Kecamatan, warga juga ikut serta memberikan edukasi pentingnya penggunaan masker bagi semua orang di kondisi pandemi virus corona seperti saat  sekarang ini. 

"Saya memberikan apresiasi bagi seluruh elemen yang berperan menjadikan Nagari Kumanis dan Nagari lainnya yang ada di Kecamatan Sumpur Kudus sebagai Kampung Masker," ujarnya.Acara tersebut selain dihadiri oleh Kapolres Sijunjung, turut hadir Kasdim 0310/SS, Danramil, Kasat Binmas Iptu Syafril, Kasubag Humas Polres Iptu Ajo Nasrul, Wali Nagari se-Kecamatan Sumpur Kudus dan tokoh masyarakat Nagari Kumanis.

Usai launching, Kapolres Sijunjung bersama Muspika Sumpur Kudus membagikan masker kepada warga yang melintas dan memasuki kawasan Kampung Masker juga membagikan beras kepada warga yang tidak mampu dan lumpuh. (*)

Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]