Turunkan Berat Badan Tanpa Menghilangkan Asupan Karbohidrat, Ini Caranya


Jumat, 04 September 2020 - 12:23:12 WIB
Turunkan Berat Badan Tanpa Menghilangkan Asupan Karbohidrat, Ini Caranya buah-buahan

HARIANHALUAN.COM - Turunkan berat badan tanpa menghilangkan asupan karbohidrat? Bagaimana bisa? Padahal, selama ini hal pertama yang terlintas di benak kita saat berpikir tentang menurunkan berat badan, tentunya harus menghilangkan astupan karbohidrat. 

Karbohidrat selalu dianggap tidak sehat dan berbahaya bagi proses penurunan berat badan. Ini sering dicap sebagai makanan berkalori tinggi, yang berkontribusi pada penambahan berat badan.

Tetapi tidak semua yang Anda baca tentang karbohidrat itu benar. Sama seperti nutrisi lainnya, karbohidrat sangat penting untuk berfungsinya tubuh dengan baik dan asupannya yang tidak mencukupi dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sembelit, bau mulut, kelelahan dan pusing.

Sejatinya memasukkan karbohidrat kompleks dalam makanan Anda, yang kaya serat sebenarnya bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu melancarkan buang air besar.

Dilansir dari Times of India pada Jumat (4/9/2020), berikut cara menurunkan berat badan tanpa menghilangkan asupan karbohidrat.

1. Gantilah gandum dan nasi dengan biji-bijian yang lebih sehat

Gandum dan nasi adalah makanan pokok sehingga sangat sulit untuk menghentikannya. Alih-alih menguranginya, tukar nasi putih dengan nasi merah dan chapatis yang terbuat dari gandum dengan jelai, millet, dan oat.

Biji-bijian ini lebih sehat dan kaya nutrisi. Mereka akan membantu mengatur nafsu makan dan meningkatkan metabolisme Anda.

2. Memasak karbohidrat dengan benar

Karbohidrat sendiri tidak begitu sehat. Cara memasaknya dapat menambah kalori ke piring Anda dan membuat makanan menjadi tidak sehat untuk rencana penurunan berat badan Anda.

Jika Anda memiliki kentang goreng maka tentunya tidak baik untuk kesehatan, tetapi kentang panggang lebih sehat dan bisa dikonsumsi jika Anda sedang menjaga berat badan.

3. Buah-buahan adalah sumber karbohidrat yang lebih sehat

Untuk meningkatkan konsumsi karbohidrat, konsumsilah buah-buahan yang kaya serat. Buah-buahan adalah sumber karbohidrat yang lebih sehat dan penuh nutrisi, yang dapat menyeimbangkan defisiensi mikronutrien dan meningkatkan metabolisme Anda.

4. Mengontrol porsi itu penting

Baik Anda mengonsumsi protein, karbohidrat, atau serat, mengontrol porsi itu penting. Makan dengan hati-hati adalah aspek penting dari penurunan berat badan.

Anda harus membagi kalori secara merata di antara waktu makan Anda dan merencanakan makanan Anda sesuai dengan itu. Makan berlebihan bukan hanya membuat berat badan Anda naik, melainkan juga menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

5. Tambahkan jumlah karbohidrat yang tepat

Cara makan yang benar saat mencoba menurunkan berat badan adalah dengan menambahkan setiap nutrisi dalam proporsi yang sama. Makanan penurun berat badan yang ideal harus terdiri dari 1 porsi protein, 1 porsi sayuran, 1 porsi karbohidrat dan 1 porsi lemak. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 09:48:44 WIB

    Turunkan Kolestrol Jahat dengan Jus Apel Jeruk, Ini Resepnya

    Turunkan Kolestrol Jahat dengan Jus Apel Jeruk, Ini Resepnya HARIANHALUAN.COM – Setelah mengonsumsi makanan serba daging saat Idul Adha, kamu bisa minum jus buah yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah jus apel jeruk..
  • Senin, 23 Maret 2020 - 15:34:46 WIB

    Jangan Lakukan! 5 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh

    Jangan Lakukan! 5 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sistem daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu senjata utama dalam memerangi infeksi virus corona..
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 16:29:03 WIB

    Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Begini Faktanya

    Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Begini Faktanya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Segala hal mungkin sudah kita coba untuk mendapatkan berat badan ideal, termasuk menjalani diet pengurusan badan. Salah satu anjuran yang mungkin sering kita terima adalah mengonsumsi air lemon..
  • Kamis, 31 Desember 2015 - 02:53:36 WIB

    Cacingan Turunkan Kemampuan Belajar Anak

    Cacingan Turunkan Kemampuan Belajar Anak Di Jakarta, angka pengidap cacingan pada anak-anak masih cukup tinggi. Pada penelitian yang dilakukan Ismid dan kawan-kawan, hampir 60-90% anak sekolah dasar terinfeksi cacing jenis ascaris lumbricoides..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]