5 Skill Teknologi yang Paling Dicari Selama Pandemi, Apakah Kamu Memilikinya?


Jumat, 04 September 2020 - 18:39:29 WIB
5 Skill Teknologi yang Paling Dicari Selama Pandemi, Apakah Kamu Memilikinya? Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak kebiasaan manusia dari segala sisi. Mulai dari mengubah cara berpergian ke luar rumah, hingga cara bekerja dari rumah, pandemi memang memaksa manusia untuk cepat beradaptasi dengan teknologi. Untuk mengimbangi situasi seperti ini, ada beberapa skill teknologi selama pandemi yang wajib dikuasai. Yuk, simak di sini!.

Saat berada di kondisi yang sulit, terutama masa pandemi COVID-19, ada banyak perubahan yang dialami berbagai sektor. Hal tersebut memberikan dampak langsung ke seluruh lapisan masyarakat. Para karyawan dan anak-anak sekolah serta mahasiswa, yang semula beraktivitas dengan tatap muka, kini diharuskan untuk tetap Work from Home (WFH) dan School from home (SFH).

Kondisi pandemi ini seolah menuntut kita untuk semakin mempertajam skill teknologi, seperti untuk penguasaan platform konferensi video, dan lainnya. Selain itu, di masa pandemi ini, ada beberapa bidang teknologi yang semakin melesat.

Sebut saja, bidang Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI), sebagai skill dan pengetahuan teknologi yang semakin dibutuhkan. Teknologi-teknologi tertentu juga disinyalir akan memiliki banyak prospek paska-pandemi. Misalnya, Data Science, Mobile Application Development, dan UI/UX Design.

Untuk menguasai bidang-bidang tersebut, ada beberapa keahlian teknologi yang wajib kamu kuasai. Kira-kira apa saja skill teknologi yang paling dicari selama pandemi? Institut Teknologi Batam (ITEBA), institusi pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau, yang peduli pada peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM pada Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM), merangkum tentang skill paling dibutuhkan di era pandemi ini. Berikut ulasannya:

1. Artificial Intelligence (AI): Skill Teknologi Selama Pandemi

Artificial Intelligence (AI) memungkinkan mesin mempelajari, menyesuaikan masukkan-masukkan baru, dan melaksanakan tugas seperti manusia. Skill ini diminati banyak orang karena membuka banyak peluang kerja.

Saat ini saja, tak hanya smartphone yang dilengkapi oleh AI, beberapa bisnis pun kini telah diintegrasikan dengan kecerdasan buatan. Di masa depan, operasi melalui internet maupun robot dengan bantuan Artificial Intelligence akan membantu beragam industri untuk tumbuh lebih kuat.

2. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep ketika objek memiliki kemampuan transfer data melalui jaringan, tanpa memerlukan interaksi antarmanusia atau anatar manusia dan komputer. Ada beberapa perangkat yang termasuk ke dalam IoT, antara lain sensor, konektivitas, dan perangkat yang berukuran kecil untuk mendukung dan meningkatkan ketepatan, skalabilitas dan fleksibel dalam pengembangan IoT.

Selama masa pandemi, IoT tumbuh cepat sebagai solusi dari pengoperasian jarak jauh dalam beberapa sektor, seperti kesehatan, agrikultur, dan energi. Jadi, skill ini sangat direkomendasikan untuk dipelajari.

3. Data Science

Data Science adalah keahlian khusus yang mempelajari data, terutama data kuantitatif atau numerik. Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, data menjadi hal yang sangat penting.

Skill yang berkaitan dengan literasi data ini sangat dibutuhkan. Data dengan volume besar (big data) yang diolah secara baik, dapat memprediksi dampak dari gangguan bisnis di masa depan, sehingga perencanaan bisnis pun semakin matang.

4. Mobile Application Development: Skill Teknologi Selama Pandemi

Seorang mobile app developer kini banyak diminati perusahaan, terutama startup atau perusahaan berkembang. Kriteria utama yang wajib dimiliki developer profesional adalah mampu membangun layanan yang digunakan dan diakses oleh ratusan hingga jutaan pengguna dalam satu waktu. Oleh karena itu, skill ini perlu diasah secara berkala karena tidak dapat dikatakan mudah.

5. UI/UX Design

Berdasarkan data dari Southeast Asia (SEA) Insights, di masa pandemi COVID-19, sekitar 45 persen penjualan aktif melalui internet. Hal itu membuka peluang bagi kamu yang ingin mengasah skill teknologi. Mobile application, web, atau platform yang terus berkembang, membutuhkan peranan UI/UX Designer agar mudah digunakan oleh pengguna atau manusia dengan tampilan (interface) yang baik.

Demikianlah ulasan tentang skill teknologi yang semakin dibutuhkan, terutama karena terdorong situasi pandemi, dan tidak menutup kemungkinan, terus ke depannya. Sebagai mahasiswa teknik, kamu bisa mengasah dan mengembangkan skill-mu supaya menguasai lebih dari satu bidang. Dengan demikian, kamu akan semakin siap untuk memasuki dunia kerja.

Kamu belum mempunyai kemampuan dasar teknologi atau ingin menguasai skill teknologi seperti di atas, yang bisa mendukungmu berkarier dan berkarya? ITEBA dapat menjadi pilihan untuk pendidikan tinggimu. Kunjungi situs ITEBA pada http://www.iteba.ac.id untuk informasi lebih lanjut. (*)

 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]