Ini Cara Melindungi Kue Ultah dari Paparan Virus Saat Tiup Lilin


Jumat, 04 September 2020 - 18:50:25 WIB
Ini Cara Melindungi Kue Ultah dari Paparan Virus Saat Tiup Lilin Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Tiup lilin kue ultah bisa tetap aman. Seorang dokter gigi ciptakan 'cake shield' sebagai pelindung kue ulang tahun saat tiup lilin agar bebas paparan virus.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, penting untuk melindungi diri. Berbagai alat pelindung diri diciptakan agar terhindar dari paparan virus corona, mulai dari masker, sarung tangan hingga pelindung wajah atau 'face shield'.

Tak hanya itu, baru-baru ini juga telah diciptakan alat pelindung kue ulang tahun atau 'cake shield' yang digunakan untuk melindungi kue saat seseorang meniup lilin kue ulang tahun. Alat pelindung kue ulang tahun ini merupakan hasil karya dari Billy Kaye, seorang dokter gigi yang berbasis di Florida, Amerika Serikat.

Kaye, dokter gigi spesialis gigi palsu ini mengatakan dia sering memikirkan berapa banyak kuman dan virus yang menyebar saat seseorang meniup lilin kue ulang tahun. Selama sekitar 20 tahun, kakek empat cucu ini telah memikirkan berbagai cara berbeda untuk melindungi kue ulang tahun dari partikel ludah tak terlihat.

Pasalnya, sebagian besar orang-orang yang merayakan ulang tahun tidak mempedulikan hal tersebut. Namun, pada bulan Maret lalu, banyak orang yang secara tiba-tiba menjadi sangat khawatir dengan tradisi meniup lilin kue ulang tahun yang bisa menjadi media penyebaran virus corona.

Jadi Kaye memutuskan untuk membuat alat pelindung kue ulang tahun. Dilansir dari Today (04/09) alat pelindung tersebut diberi nama Top It Cake Shield yang telah diproduksi pada April dan akan diluncurkan secara online pada 15 September 2020 mendatang.

"Kita semua sekarang telah menyaksikan peristiwa global yang telah mengubah persepsi kita tentang keselamatan. Sekarang, lebih dari sebelumnya, tidak mungkin ada orang yang akan mempertimbangkan makan kue yang ditiup seseorang," ujar Kaye.

Alat pelindung kue ulang tahun ciptaan Kaye ini terbuat dari polistiren daur ulang makanan yang disetujui FDS. Kaye membuat dengan berbagai desain disesuaikan dengan ukuran kue ulang tahun, seperti kue seperempat, kue bundar diameter 25 cm hingga potomgan.

Setiap alat pelindung kue ulang tahun itu diberi alas datar dan penutup dengan sisi yang tumpang tindih dan menyatu untuk menyegel kue di dalamnya. Menurut perusahaan, Top It Cake Shield yang lebih besar akan dijual dengan harga Rp 221.000 sementara yang model potongan tunggal seharga Rp 73.000.

Juru bicara Top It Cake Shield mengatakan bahwa alat pelindung ini belum dipatenkan. Namun, ia berharap dapat diluncurkan dalam waktu sekitar dua minggu. Lebih lanjut, Kaye menyatakan bahwa temuannya akan membantu menjaga tradisi meniup lilin saat perayaan ulang tahun.

Selain itu, menurut Dr. Zehra Aygen, seorang dokter anak yang mengkhususkan diri dalam pengobatan penyakit menular, Top It Cake Shield berpotensi membantu menjaga kue yang sedang ditiup.

"Selama itu disegel sehingga tidak menyentuh kue, dan tidak ada yang terbuka dan lilin berada di atas plastik, itu akan baik-baik saja," ujar Aygen.

Meskipun dapat melindungi kue, tetapi alat ini tidak dapat melindungi orang lain atau permukaan sekitarnya dari virus. Untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona selama perayaan ulang tahun, Aygen sangat menyarankan agar meniup lilin di luar ruangan.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]