BPBD Pasaman Terima Alat Pendeteksi Dini Gempa Bumi dari BMKG


Jumat, 04 September 2020 - 20:58:53 WIB
BPBD Pasaman Terima Alat Pendeteksi Dini Gempa Bumi dari BMKG Kalaksa BPBD Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi saat serah terima pemanfaatan EEWS dari BMKG di kantor BPBD setempat, Jumat (4/9/2020).

HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman, terima satu unit alat pendeteksi dini besaran guncangan gempa bumi (EEWS) dari BMKG. Alat itu diterima langsung oleh Kalaksa BPBD setempat, Ricky Riswandi, Jumat (4/9/2020).

"EEWS adalah system generasi terbaru yang dimiliki oleh BMKG, guna mendeteksi terjadinya Gempa Bumi bagi daerah yang rawan terjadinya gempa bumi," jelas Ricky.

Alat bernama Earthquake Early Warning System (EEWS) itu akan bekerja memberi sinyal dalam hitungan detik sebelum gempa terjadi. Sinyal gempa akan diterima oleh BMKG pusat dan kemudian akan diteruskan ke masing-masing BPBD yang telah memiliki alat tersebut.

"Alat pendeteksi gempa yang ada diseluruh Indonesia akan mengirimkan gelombang P ke alat deteksi dan ditangkap oleh server yang ada di BMKG. Selanjutnya diteruskan ke Monitor EEWS yang ada di BPBD," katanya.

Sehingga, lanjut Ricky, semua gempa yang terjadi di Indonesia, berapa kekuatan gempa, dan potensi dampak yang mungkin ditimbulkan, akan terbaca di layar monitor. Pihak BMKG meminta alat tersebut dijaga dan jangan dirusak.

"Melalui peralatan ini kita berharap tidak ada keresahan masyarakat tentang banyaknya informasi simpang siur apabila terjadi gempa bumi," tambahnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]