Biar Tidak Tertipu, Begini Tips Beli Smartphone di E-Commerce


Ahad, 06 September 2020 - 07:01:33 WIB
Biar Tidak Tertipu, Begini Tips Beli Smartphone di E-Commerce Foto: The Conversation

HARIANHALUAN.COM - Perkembangan teknologi yang semakin maju diiringi dengan perkembangan platform digital yang semakin beragam membuat pola konsumen juga perlahan berubah.

Seperti dilansir dari Harianhaluan.com, Minggu (6/9/2020), apalagi di tengah masa pandemi, tentunya semua orang berusaha disiplin untuk melakukan segala aktivitas tanpa keluar rumah, misalnya seperti berbelanja barang kebutuhan secara online di e-commerce.

Namun, bagi sebagian orang mungkin merasa kurang yakin bila harus berbelanja secara online di e-commerce untuk barang yang nilainya besar, seperti smartphone.

Nah, agar pembelianmu berhasil dan barangnya sesuai dengan yang kamu harapkan, berikut ini rangkum beberapa tips untuk membeli smartphone di e-commerce.

Tips Beli Smartphone di E-Commerce

1. Beli di Official Store


Tips paling aman bila ingin membeli smartphone yang terjamin keamanannya di e-commerce adalah dengan mencari official store (toko resmi) suatu brand.

Beberapa brand besar seperti OPPO, Samsung, Xiaomi, realme, Vivo, dan sebagainya saat ini sudah punya toko resmi di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.ID, maupun Blibli.

2. Pilih toko bereputasi

Bila tidak ingin membeli di official store, kalian bisa membeli produk smartphone pada toko/penjual yang memiliki reputasi bagus di e-commerce.

Cara mengetahui reputasinya baik? Perhatikan rating toko/penjual. Bila ratingnya tingi tentunya toko tersebut memiliki track record yang baik pula, yang artinya banyak pelanggan yang puas berbelanja di situ.

3. Bergaransi resmi

Garansi adalah syarat utama bila ingin membeli smartphone dimana pun, entah di toko konvensional atau pun di e-commerce.

Pastikan toko di platform e-commerce yang kamu pilih menawarkan produk smartphone bergaransi resmi, yang artinya ponsel tersebut memiliki IMEI yang terdaftar di database Kemenperin.

4. Jangan terbuai harga murah

Sebagai konsumen, mendapatkan produk berkualitas dengan harga semurah mungkin seakan sudah menjadi sebuah prinsip yang tak terbantahkan.

Namun, jangan langsung terbuai apabila ada toko di platform e-commerce yang menawarkan harga murah, terlebih bila harganya jauh di bawah harga pasaran atau di toko resmi. Cek ulang reputasi toko dan garansi resmi produk tersebut sebelum membelinya.

5. Jangan transaksi di luar platform

Saat ini platform e-commerce sudah jauh lebih aman uang pembeli baru akan diteruskan ke penjual ketika barang sudah diterima pembeli.

Namun, kamu harus tetap waspada karena saat ini banyak pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan celah tersebut. Mereka membujuk dan merayu korban agar mau bertransaksi di luar sistem e-commerce.

6. Manfaatkan promo

Jangan lupa untuk memanfaatkan beragam promo yang tersedia di platform e-commerce, seperti cashback, buy 1 get 1 free, gratis ongkir, dan lain-lainnya.

Selain promo harian yang selalu diadakan, beberapa promo menggiurkan seringkali diadakan saat momen-momen tertentu seperti saat flash sale, pre-oder, maupun event-event musiman seperti 12.12, Hari Kemerdekaan, Lebaran, Natal dan sebagainya.

7. Asuransikan pengiriman

Bila sudah yakin membeli produk smartphone dari sebuah toko di e-commerce, jangan lupa untuk menambahkan biaya asuransi pengiriman.

Smartphone adalah produk elektronik yang pantang dikirim sembarangan. Bila tanpa asuransi, siapa yang menanggung kerugian saat smartphone tiba di rumahmu dalam keadaan kardus terbuka, bodi tergores, layar pecah, atau bahkan diganti produk lain, seperti sabun mandi misalnya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 15:58:54 WIB

    Chat WA Tak Sengaja Terhapus? Lakukan Ini Biar Muncul Lagi

    Chat WA Tak Sengaja Terhapus? Lakukan Ini Biar Muncul Lagi HARIANHALUAN.COM - Mem-backup data adalah salah satu yang diperlukan. Backup bisa mengembalikan data penting untuk menghindari ketidaksengajaan atau ponsel tiba-tiba rusak..
  • Selasa, 06 Oktober 2020 - 12:06:23 WIB

    Biar Gak Ganggu, Berikut Cara Matikan Notifikasi saat Main Game di HP

    Biar Gak Ganggu, Berikut Cara Matikan Notifikasi saat Main Game di HP HARIANHALUAN.COM - Para pehobi main game di smartphone atau HP pasti pernah mengalami mendapatkan gangguan berupa notifikasi dari aplikasi lain saat sedang seru-serunya bermain game. Kesal? Pasti. Jengkel? Pasti. Kalah? Bisa.
  • Ahad, 06 September 2020 - 06:52:00 WIB

    Biar Memikat HRD, Lakukan Cara Ini saat Membuat CV Online

    Biar Memikat HRD, Lakukan Cara Ini saat Membuat CV Online HARIANHALUAN.COM - CV alias curriculum vitae atau biasa disebut riwayat hidup dalam bahasa Indonesia, merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan seseorang ketika ingin melamar suatu pekerjaan..
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 19:14:29 WIB

    Baterai Laptop Boros Bikin Kesal? Begini Tipsnya Biar Awet

    Baterai Laptop Boros Bikin Kesal? Begini Tipsnya Biar Awet HARIANHALUAN.COM - Salah satu masalah saat menggunakan laptop adalah ketahanan baterai yang tidak terlalu lama. Contohnya, saat kita menggunakan laptop terkadang muncul notifikasi baterai sudah habis padahal baru beberap.
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:55:35 WIB

    Biar Gak Salah Arah, Begini Caranya Mengakuratkan Google Maps

    Biar Gak Salah Arah, Begini Caranya Mengakuratkan Google Maps HARIANHALUAN.COM - Bagi para pengguna smartphone Android, tentunya sudah tidak lagi asing dengan aplikasi peta bawaan, Google Maps. Selain digunakan sebagai aplikasi peta online untuk menemukan tempat-tempat yang sudah terin.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]