Viral! Rocky Gerung Tampil Pakai Peci Saat Berikan Kuliah Umum, Benarkah ?


Ahad, 06 September 2020 - 09:11:19 WIB
Viral! Rocky Gerung Tampil Pakai Peci Saat Berikan Kuliah Umum, Benarkah ? Rocky Gerung saat memberikan orasi ilmiah daat acara wisuda Ma'had Al-jamiah UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten dengan menggunakan peci.

HARIANHALUAN.COM - Publik dihebohkan dengan penampilan terbaru Rocky Gerung pada saat memberikan kuliah umum. Rocky yang pada saat itu memberikan orasi ilmiah tersebut tampil dengan menggunakan peci dan syal yang diselempangkan di pundak. Orasi tersebut diselenggarakan pada wisuda Ma'had Al-jamiah UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten.

Menggunakan kemeja berwarna biru, Rocky Gerung memberikan orasi ilmiah di depan para akademisi kampus tersebut. Di mana, Rocky pada orasinya mengkritisi pemerintah dengan mengucapkan 'Asalamualaikum.' Pada pembukaannya, ia berkata bahwa dirinya sempat berpikir sebanyak 12 kali untuk membahas orasi itu.

Pada video yang beredar, Rocky mengungkapkan kekagumannya terhadap UIN Banten yang berani mengundang dirinya. Menurutnya, undangan terhadap dirinya adalah sebuah surprise, terlebih karena UIN adalah kampus Islam dan dirinya sebagai non muslim yang sering dituduh sebagai provokator intoleran.

"Andai presiden membagikan bansos seperti buku, ini akan awet dan tidak akan busuk seperti telur karena kita perlu sensasi di tengah Covid-19 dan masyarakat akan ingat ini adalah bansos dari Presiden Jokowi. Tapi beliau lebih memilih membagi-bagikan Indomie daripada pemikiran," katanya dikutip dari TVOne Minute, Minggu (6/9).

Orasi ilmiah yang berisi mengenai kritikan terhadap pemerintahan tersebut, ia juga melanjutkan tetap akan selalu ada harapan untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Menanggapi penampilannya itu Rocky menjelaskan penggunaan peci ia lakukan karena ditawarkan oleh Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten. Kemudian penggunaan syal bukan lambang agaman tapi bentuk dari kebudayaan Baduy yang berada di daerah tersebut.

Rocky Gerung juga menyebutkan kampus tersebut telah mempelopori dengan menghidupkan kembali budaya mempertengkarkan gagasan dalam ruang akademis. “UIN Banten mengerti bahwa didalam ruang kuliah dan akademis tidak boleh ada unsur menghalangi pikiran, termasuk perbedaan agama,” ungkapnya.(*)

loading...
Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]