Ratusan Layang-layang Terangi Langit Dharmasraya Minggu Malam


Senin, 07 September 2020 - 00:54:57 WIB
Ratusan Layang-layang Terangi Langit Dharmasraya Minggu Malam Festival Layang-layang yang digelar pemuda Jorong Lagan Jaya 1, Nagari Sipangkur Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Minggu (6/9/2020) malam.

HARIANHALUAN.COM - Seratusan lebih layangan dihiasi kerlipan lampu hias melayang serentak di malam hari pada kegiatan Festival Layang-layang yang digelar pemuda Jorong Lagan Jaya 1, Nagari Sipangkur Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Minggu (6/9/2020).

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pehobi permainan layangan tak hanya Provinsi Sumatera Barat, tapi juga diikuti oleh komunitas layangan dari Riau dan Jambi. Ketua Panitia kegiatan, Gatot, mengatakan, lomba yang pertama kali diadakan itu tingkat kehadiran peserta memang diluar perkiraannya.

Ditambah lagi disaksikan oleh ribuan masyarakat daerah itu dan wilayah sekitarnya. "Tercatat ada sebanyak 120 lembar layangan yang berlomba pada tiga kelas berbeda, yakni layangan ekor panjang, layangan ekor pendek dan kelas layangan kreasi," ungkapnya. 

Dia menjelaskan, untuk dua kelas pertama dilombakan pada siang hingga sore hari tadi, sementara untuk lomba layangan kreasi dilombakan pada malam minggu malam. Menurutnya, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengurai tingkat kejenuhan masyarakat yang selama masa pandemi tidak bisa beraktivitas lazimnya hari biasa. 

"Sejak era tatanan kenormalan baru atau new normal diberlakukan, kami memantau sebaran virus Covid-19 belum berhenti, agar masyarakat daerah kami tidak keluar wilayah untuk berlibur maka kami menyusun kegiatan ini," jelasnya. 

Sementara itu, Wali Nagari Sipangkur, Arif Gumensa mengatakan, disamping sebagai upaya meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakatnya, kegiatan tersebut juga menjadi ajang percepatan dalam upaya pemulihan daya saing pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu yang sudah terdampak cukup parah selama pandemi Covid-19. 

"Dalam pengamatan kami, selama satu hari pelaksanaan kegiatan ini tingkat perputaran uang pada tingkat lokal cukup tinggi dan diharapkan mampu memicu kembali pertumbuhan pada sektor riil," ulasnya.

Terkait potensi kepariwisataan berbasiskan kearifan lokal seperti yang terlihat pada kegiatan tersebut, ia menegaskan Festival Layang-layang di daerah itu akan dijadikan kalender wisata tahunan. "Kami bersama unsur pemerintahan nagari sudah membahas khusus tentang jadwal pelaksanaan dan kepanitiaan yang akan melibatkan seluruh unsur dengan mengedepankan peranan pemuda sebagai generasi penerus bangsa," tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]