Berpasangan dengan Entrepreneur Muda, Duet Mahyeldi-Audy Joinady Disebut Paslon Paling Ideal untuk Sumbar


Senin, 07 September 2020 - 13:13:18 WIB
Berpasangan dengan Entrepreneur Muda, Duet Mahyeldi-Audy Joinady Disebut Paslon Paling Ideal untuk Sumbar Calon Wagub Sumbar, Audy Joinaldy berbagi tips peternakan dengan Ajo Buset.

HARIANHALUAN.COM - Calon Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy bertemu dengan penyanyi kocak asal Minang, Ajo Buset. Lewat kanal YouTube Ajo Buset "Tenenew Channel" berjudul Ayam Da Joen. Audy Joinaldy tampak membicarakan berbagai hal tentang peternakan. Satu di antaranya adalah tips sukses usaha beternak ayam.

Dalam video tersebut, Audy Joinaldy melihat Ajo Buset tengah risau dengan ayamnya yang sedang dikurung. Kemudian, Ajo pun meminta tips ke Audy supaya ayam miliknya bisa bertelur.

Tanpa ragu, Audy memberikan tips kepada Ajo Buset. Bagaimana ayam jantan bertelur, dan berkembang biak. Pertama Audy menjelaskan, bahwa ayam yang dimiliki Ajo Buset hanya ayam bias yang tidak bertelur. Sementara ayam yang bertelur itu diidentik dengan warna coklat.

"Jadi tidak semua ayam yang bertelur, ada ayam yang khusus dipelihara untuk bertelur, yang bisa memproduksi telur berwarna coklat, yang ada di pasar dan supermarket," terang Audy.

Lebih lanjut, Audy menerangkan, ayam kampung jika bertelur warnanya putih. Sedangkan, ayam yang diidentik dengan warna coklat tanpa dikandangkanpun akan bertelur, karena merupakan ayam betina.

"Tapi telur tersebut tidak bisa menetas karena tidak ada perkawinan antara ayam betina dan jantan," sebut Audy.

Jika ingin menetas telurnya, Audy menyarankan, agar ayam betina dan jantan ada proses perkawinan. Jadi selama 21 kali bisa menetas telurnya sehingga menjadi anak ayam dan bisa dipelihara.

Setelah berbincang dan berbagi tips dengan Ajo Buset, Audy Joinaldy berpamit untuk menghadiri acara pernikahan.

Tak berselang lama, Nuzul Amri merupakan Ketua Tim Media Audy Joinaldy datang menemui Ajo Buset. Nuzul Amri mengatakan, bahwa pria (Audy Joinaldy) yang bertemu Ajo Buset itu merupakan seseorang yang memiliki usaha di Bagian Timur, maka itu dia paham tentang peternakan.

"Rencananya dia (Audy Joinaldy juga akan membangunan usaha di negeri kita," kata pria yang akrab disapa Joen itu kepada Ajo Buset. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]