Wanag Bahagia Padanggelugur Akui Jenazah Diseberangkan Lewat Sungai karena Jembatan Tidak Ada


Senin, 07 September 2020 - 13:42:20 WIB
Wanag Bahagia Padanggelugur Akui Jenazah Diseberangkan Lewat Sungai karena Jembatan Tidak Ada Warga Pegang Lama, Nagari Bahagia Padanggelugur, Kabupaten Pasaman saat menyeberangkan keranda mayat lewat sungai akibat tidak adanya jembatan.

HARIANHALUAN.COM - Walinagari Bahagia Padanggelugur, Amri Pasaribu membenarkan warga yang menyeberangi sungai untuk mengantarkan jenazah warga ke TPU terjadi disalah satu kampung di nagarinya.

"Betul, nama kampungnya itu Pegang Lama, Nagari Bahagia Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur," jawab Amri saat dikonfirmasi Harianhaluan.com, Senin (7/9/2020).

Setiap ada warga yang meninggal di kampung itu, warga lainnya harus berjibaku menyeberangi sungai untuk menghantarkan jenazah warga ketempat peristrihatan terakhir (TPU) diseberang sungai.

"Warga sudah pernah mengusulkan ke nagari agar dibangun jembatan permanen yang bisa dilewati mobil menuju ke TPU. Tapi, usulan itu belum bisa kita penuhi karena tidak sesuai peruntukannya," katanya.

Dikatakannya, pihaknya menyarankan pembangunan jembatan gantung ke lokasi TPU tersebut, namun saran itu ditolak mentah-mentah oleh warga setempat. Sementara untuk menuju ke lokasi TPU, lewat jalur alternatif lain juga bisa.

"Saran kita, di atas sungai itu kita bangun Jembatan rambin (gantung), tapi ditolak. Maunya warga jembatan beton, anggarannya kan besar itu. Lagian, pemanfaatan jembatan hanya untuk ke TPU saja bukan yang lain," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah nagari siap-siap saja membangun jembatan beton sebagaimana permintaan warga setempat. Namun, menurutnya apakah hal itu wajar dan sesuai peruntukan.

"Tanah wakaf warga setempat, persis dibelakang Kampung Lubuk Torop, seberang air. Kalau mutar, tanpa harus melewati sungai bisa juga diakses," tutup Amri. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]