Polresta Padang Temui Sejumlah Pelanggaran Protokol Kesehatan Selama Tahapan Pencalonan


Senin, 07 September 2020 - 15:00:02 WIB
Polresta Padang Temui Sejumlah Pelanggaran Protokol Kesehatan Selama Tahapan Pencalonan Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir.

HARIANHALUAN.COM - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang melakukan evaluasi terkait telah dilaksanakannya tahapan pencalonan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Pelaksanaan tahapan itu dilaksanakan selama tiga hari, dimulai sejak Jumat-Minggu September 2020 kemarin.

"Evaluasi kita terhadap pengamanan yang dilaksanakan selama menjalankan tahapan pendaftaran kemarin, masih ditemukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan," ujar Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir, kepada sejumlah media, Senin (7/9/2020).

Tindakan yang dilakukan, kata dia, melakukan imbauan dan pembatasan massa yang mendampingi Bapaslon dalam melakukan pendaftaran serta meminta tetap menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat.

"Kami telah berkoordinasi dengan KPU san Bawaslu, agar dalam menjalankan tahapan kedepannya tidak terulang lagi, mengingat angka positif Covid-19 makin meningkat di Sumbar," terangnya.

Ditambahkannya, kebanyakan pelanggaran terjadi berupa kerumunan massa dan tidak memakai masker. Makanya pada pada hari pelaksanaan tahapan pencalonan kemarin, gencar-gencarnya dilakukan iimbauan dan pembatasan massa.

"Perlu dilakukan himbauan dan sosialsiasi dari KPU, untuk memberikan pemahaman kepada tim relawan Bapaslon tentang protokol kesehatan," terangnya lagi.

Diketahui, hingga Minggu malam setidaknya empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar telah melakukan pendaftaran.

Pada hari pertama Jumat (4/9/2020) pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldi yang diusung PKS-PPP mendaftarkan. Dilanjutnkan pendaftaran pasangan calon Nasrul Abit-Indra Catri pada hari kedua yang diusung partai Partai Gerindra.

Pada hari ketiga, dua pasangan calon yang melakukan pendaftaran yakni Fakhrizal-Genius Umar yang diusung Poros Baru bentukan dari Partai Golkar, Nasdem dan PKB, mendatangi KPU Minggu siang.

Sorenya, sekitar pukul 17.00 WIB pada hari yang sama, berlanjut dengan pendaftaran pasangan calon Mulyadi-Ali Mukhni yang diusung Partai Demokrat dan PAN. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]