Berapa Lama Kamu akan Hidup Bisa di Cek Pakai Kalkulator Ini?


Senin, 07 September 2020 - 19:22:34 WIB
Berapa Lama Kamu akan Hidup Bisa di Cek Pakai Kalkulator Ini? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Peneliti dari Universitas East Anglia telah mengembangkan kalkulator yang bisa menghitung usia harapan hidup seseorang. Kalkulator ini dijuluki sebagai Mylongevity.

Ide dari kalkulator ini adalah memprediksi harapan hidup seseorang yang dihubungkan dengan rekam jejak medis dan gaya hidup seseorang.

Profesor Elena Kulinskaya, yang memimpin pengembangan aplikasi ini, mengatakan banyak orang yang tertarik dengan harapan hidup mereka. Tetapi aplikasi ini dibangun untuk mengetahui rasa ingin tahu yang tidak wajar pengguna.

"Harapan hidup adalah harus dikaitkan dengan perencanaan jangka panjang dan sangat penting bagi orang yang ingin merencanakan tujuan keuangan dan strategi pensiun mereka," ujarnya seperti dikutip dari Mirror, Senin (7/9/2020).

"Aplikasi ini juga dapat membantu meningkatkan harapan hidup mereka dengan membuat perubahan ke gaya hidup sehat."

Untuk menggunakan kalkulator, pengguna harus memasukkan sejumlah data pribadi masukkan termasuk nama, usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan yang mendasarinya, dan apakah Anda merokok atau tidak. Kalkulator kemudian akan mengungkapkan berapa lama harapan hidup, berdasarkan data dari Kantor Statistik Nasional.

"Perangkat lunak yang kami kembangkan didasarkan pada penelitian kami menggunakan catatan kesehatan elektronik. Dalam analisis baru-baru ini tentang harapan hidup, kami mengikuti kelompok yang terdiri dari 110.000 orang sehat yang berusia 60 tahun antara tahun 1990 dan 2000 memperbarui status kesehatan mereka setiap enam bulan," ujar Kulinskaya.

"Hasil analisis kami diterjemahkan ke dalam harapan hidup untuk 648 profil risiko yang berbeda berdasarkan usia hingga jenis kelamin. Daftar faktor risiko yang kami gunakan termasuk hipertensi, diabetes, hiperkolesterolemia, BMI, risiko serangan jantung dalam 10 tahun, status merokok, dan penggunaan statin."

Peneliti berharap kalkulator ini berguna bagi dokter guna membantu para pasien melakukan perubahan gaya hidup dan meningkatkan harapan hidup mereka. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 14:59:33 WIB

    Sebaiknya Berapa Kali Makan Mi Instan dalam Sebulan?

    Sebaiknya Berapa Kali Makan Mi Instan dalam Sebulan? HARIANHALUAN.COM - Bukan rahasia lagi, mi instan bikin ketagihan. Sekali bikin, rasanya tidak cukup satu bungkus. Misalnya dalam seminggu makan mi instan lebih dari sekali..
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 19:12:53 WIB

    Live 30 Jam Non Stop, Berapa Cuan Raffi Ahmad dari YouTube?

    Live 30 Jam Non Stop, Berapa Cuan Raffi Ahmad dari YouTube? HARIANHALUAN.COM - Pasangan suami istri Raffi Farid Ahmad dan Nagita Slavina Mariana Tengker, berhasil menuntaskan siaran langsung 30 jam tanpa berhenti melalui kanal Youtube Rans Entertainment..
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 10:40:24 WIB

    Jadi Seberapa Sering Kita Harus Mandi Setiap Hari?

    Jadi Seberapa Sering Kita Harus Mandi Setiap Hari? HARIANHALUAN.COM - Jika bicara soal mandi, ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang. Dilansir di mindbodygreen.com, Kamis (28/5), para ahli kulit cenderung memiliki pendapat berbeda mengenai topik tersebut..
  • Rabu, 01 April 2020 - 17:55:59 WIB

    Cegah Corona COVID-19, Seberapa Sering Harus Cuci Muka?

    Cegah Corona COVID-19, Seberapa Sering Harus Cuci Muka? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rutinitas mencuci tangan di tengah pandemi corona COVID-19 memang sedang naik daun. Padahal tidak hanya mencuci tangan, pada dasarnya salah satu sebagai upaya menjaga kebersihan diri mencuci muka s.
  • Jumat, 22 November 2019 - 18:03:14 WIB

    Remaja Korsel Disebut Paling 'Mager' Sedunia, Indonesia Urutan ke Berapa?

    Remaja Korsel Disebut Paling 'Mager' Sedunia, Indonesia Urutan ke Berapa? LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM - Berbeda dengan bintang-bintang idol K-pop yang aktif menari, remaja di Korea Selatan umumnya justru jarang bergerak, bahkan disebut paling 'malas' sedunia. Berdasarkan data sebuah studi global, 9.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]