Polda Sumbar Tunda Proses Hukum Bacawagub Sumbar hingga Selesai Pilkada


Selasa, 08 September 2020 - 07:29:55 WIB
Polda Sumbar Tunda Proses Hukum Bacawagub Sumbar hingga Selesai Pilkada Indra Catri

HARIANHALUAN.COM - Seorang kandidat yang mengikuti konstetasi Pilkada Sumbar 2020 saat ini berstatus sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik terhadap anggota DPR RI Mulyadi yang juga maju sebagai bakal calon Gubernur Sumbar. Namun, saat ini status tersebut masih ditangguhkan atau ditunda hingga perhelatan Pilkada di Sumbar ini selesai dilaksanakan. 

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto kepada harianhaluan.com mengatakan, Polda Sumbar menunda pengusutan kasus tersebut sesuai dengan perintah Kapolri dalam surat Telegram Rahasia (TR) ST/2544/VIII/RES.1.24./2020 tanggal 31 Agustus 2020. "Perkara untuk IC (Indra Catri, red) akan ditunda sampai selesai tahapan Pilkada," katanya, Selasa (8/9/2020) pagi. 

Indra Catri yang saat ini menjabat Bupati Agam bersama dengan Sekretaris Daerah Martias Wanto ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Sumbar dalam kasus ujaran kebencian dan perbuatan tidak menyenangkan terhadap anggota DPR RI, Mulyadi yang kini juga maju dalam Pilgub 2020 pada 10 Agustus lalu. Keduanya menjadi tersangka setelah polisi melakukan rangkaian penyidikan dan pemeriksaan.

Kasus itu sendiri berawal dari laporan atas nama Revli Irwandi terkait pencemaran nama baik yang terjadi di media sosial Facebook yang diketahui akun bodong atas nama Mar Yanto yang memposting foto sekaligus kata-kata yang tidak pantas. Terkait ujaran kebencian tersebut, sebelum kedua petinggi Kabupaten ditetapkan sebagai tersangka, ES (58) RH (50) dan RP (33) terlebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka yang diamankan di Kabupaten Agam serta Kota Padang. 

Sementara itu, pada Pemilihan Gubernur Sumatera Barat 2020, Indra Catri digandeng oleh petahana Nasrul Abit yang diusung oleh Gerindra dengan 14 kursi di DPRD Sumbar. Dia akan berhadapan dengan Mulyadi-Ali Mukhni, Mahyeldi-Audy dan Fakhrizal-Genius Umar. Semuanya sudah mendaftar ke KPU Sumatera Barat Mulyadi-Ali diusung oleh Demokrat (10 kursi) dan PAN (10 kursi), Mahyeldi-Audy diusung oleh PKS (10 kursi) dan PPP (4 kursi), kemudian Fakhrizal-Genius diusung oleh Golkar (8 kursi), PKB (3 kursi) dan Nasdem (3 kursi). (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 18:00:00 WIB

    Tidak Penuhi Panggilan Polda Sumbar, Indra Catri Klaim Punya Hak untuk Tak Hadir

    Tidak Penuhi Panggilan Polda Sumbar, Indra Catri Klaim Punya Hak untuk Tak Hadir HARIANHALUAN.COM - Bupati Agam, Indra Catri bantah tidak kooperatif terkait pemanggilannya diri oleh Penyidik Polda Sumbar pasca ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik ujaran kebencian terhadap a.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 17:14:37 WIB

    Tersangka Indra Catri Mangkir Dipanggil Penyidik Polda Sumbar

    Tersangka Indra Catri Mangkir Dipanggil Penyidik Polda Sumbar HARIANHALUAN.COM - Polisi Daerah (Polda) Sumatera Barat telah melakukan pemanggilan terhadap Bupati Agam Indra Catri sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian terhadap anggota DPR RI, Mulyadi..
  • Senin, 20 Juli 2020 - 19:35:10 WIB

    Ada Apa Nih? Kapolda Sumbar Mendatangi KPU Sumbar

    Ada Apa Nih? Kapolda Sumbar Mendatangi KPU Sumbar HARIANHALUAN.COM - Kapolda Sumbar, Irjen Toni Harmanto mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar dan Bawaslu. Kedatangan itu bertujuan untuk memastikan kesiapan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 yang tengah berlangsung..
  • Kamis, 25 Juli 2019 - 10:50:26 WIB

    Jenggala Solsel Dukung Kapolda Calon Gubernur Sumbar

    Jenggala Solsel Dukung Kapolda Calon Gubernur Sumbar SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Mencuatnya nama Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal sebagai kandidat calon gubernur Sumbar periode 2020-2025 mendapat sokongan dari Jenggala Solsel. Seperti disampaikan Jon Mathias selaku Ketu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]